sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 29 Jul 2022 18:08 WIB

AMD tak sengaja bocorkan prosesor desktop Ryzen 7000

Bocoran ini memberikan gambaran terkait beberapa daftar model CPU desktop AMD Ryzen 7000 yang akan datang.

AMD tak sengaja bocorkan prosesor desktop Ryzen 7000

Setelah dikenalkan ke publik pada Januari lalu, AMD mengungkap akan meluncurkan prosesor desktop seri Ryzen 7000 pada musim gugur mendatang. Namun, belum lama ini AMD tampaknya tidak sengaja memberikan bocoran informasi terkait prosesor desktop terbarunya itu. 

Perusahaan diketahui tidak sengaja menampilkan daftar model prosesor Ryzen 7000 pada halaman sumber daya AMD. Meskipun saat ini daftar tersebut telah dihapus oleh pihak AMD, Videocardz dan Gizmodo diketahui telah lebih dulu mencatatnya. 

Berdasarkan informasi dari Engadget (29/7), tampaknya AMD berfokus pada pembentukan chipset kelas atas. Ini termasuk dua varian Ryzen 9 (7900X dan 7950X), satu Ryzen 7 (7700X) dan model Ryzen 5 (7600X). 

Namun, tidak ada varian chipset Ryzen 3 pada daftar prosesor Ryzen 7000 kali ini. Engadget menyebut, hal ini tidak terlalu mengejutkan karena AMD secara historis berfokus pada bagian-bagian yang antusias untuk tahap awal peluncuran CPU.

Sayangnya, bocoran daftar tersebut tidak menyertakan detail teknis. Akan tetapi, dalam demo Computex-nya, AMD menunjukkan CPU 16-core akan mencapai kecepatan clock 5,5GHz. Tampaknya, ini kemungkinan akan mewakili varian Ryzen 9 7950X.

Semua seri 7000 akan didasarkan pada arsitektur Zen 4 terbaru yang menghadirkan cache Level 2 dengan dua kali lipat per core, kecepatan boost maksimum di atas 5GHz dan akselerasi AI. Ini juga akan disertai dukungan untuk teknologi seperti memori DDR5 dan PCIe 5.0.

Menariknya, lewat presentasi di ajang Computex, AMD menjanjikan adanya peningkatan 15 persen atau lebih tinggi dalam kinerja single-threaded. Sehingga pengguna tidak memerlukan motherboard yang kompatibel dengan AM5 untuk membuat lompatan yang lebih tinggi.

Masih belum jelas kapan prosesor desktop lini Ryzen 7000 akan diluncurkan. Sejauh ini, perusahaan diketahui juga masih enggan untuk memberikan detail mengenai harga dan jadwal peluncuran prosesor desktop terbarunya itu.

Share
×
tekid
back to top