sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Selasa, 03 Nov 2020 15:50 WIB

Review Logitech G733 Lightspeed: Surround oke punya

Perusahaan yang berbasis di Swiss dan Amerika Serikat tersebut mengklaim bahwa G733 Lightspeed memiliki bobot yang ringan dan nyaman digunakan.

Review Logitech G733 Lightspeed: Surround oke punya

Ketika bermain gim, suara sekecil apapun sangat penting untuk mengetahui posisi lawan agar dapat terus bersiaga dan mengambil posisi untuk segala kemungkinan yang terjadi. Selain itu, saat bermain gim secara online, perintah dari bisikan kawan pun harus tersampaikan dengan baik. Dengan demikian, kamu memerlukan headset yang mampu menawarkan segala keperluan audio saat bermain gim.

Salah satu pabrikan periferal terkenal, Logitech, baru-baru ini mengenalkan headset khusus gaming dengan nama G733 Lightspeed. Perusahaan yang berbasis di Swiss dan Amerika Serikat tersebut mengklaim bahwa G733 Lightspeed memiliki bobot yang ringan dan nyaman digunakan. Hal yang tidak kalah menarik adalah headset gaming ini dapat digunakan tanpa kabel atau nirkabel. Berikut adalah hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Kita mulai dari desain. Untuk sebuah headset gaming, Logitech G733 Lightspeed memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Selain itu, bobot dari headset gaming ini juga terbilang ringan karena hanya memiliki berat 278 gram. Tentu saja bobot ringan dan desain yang tidak terlalu besar ini menjadi faktor untuk membuat kamu nyaman bemain gim dengan durasi yang lama.

Nuansa nyaman juga hadir berkat sepasang earcup (bantalan telinga) yang terbuat dari busa empuk serta dilapisi dengan material kain yang dapat menyerap keringat. Bantalan telinga tersebut dapat dilepas dengan mudah jika kamu ingin mencucinya. Sayangnya unit driver kiri dan kanan tidak dapat digerakkan ke arah atas dan samping (tilt & swivel) seperti layaknya kebanyakan headset lain di pasar.

Mungkin kekurangan tersebut dapat dilupakan karena lubang bantalan telinga berukuran cukup besar sehingga telinga kamu akan tertutup secara sempurna. Dan karena memiliki bahan yang lunak, bantalan telinga tersebut dapat mengikuti bentuk tulang kepala di sekitar telinga.

Meski tidak dilengkapi fungsi tilt & swivel, unit speaker kiri dan kanan dapat digeser ke atas dan ke bawah untuk penggunaan yang lebih optimal. Sistem geser tersebut dibuat agak kesat sehingga tidak mudah bergerak secara tidak sengaja ketika kamu sedang seru-serunya bermain gim. Pada bagian bawah headband-nya, terdapat strap berbahan kain yang elastis untuk kenyamanan kepala bagian atas saat G733 Lighspeed dipakai. Logitech menyebut strap tersebut sebagai Suspension Strap.

Kamu juga dapat mengatur jarak antara Suspension Strap dan headband dengan mengakses masing-masing ujungnya. Pengaturan ini memungkinkan penyesuaian ukuran kepala pengguna. Suspension Strap tersebut memiliki warna berbeda di masing-masing sisi atas dan bawahnya. Oleh karena itu, Logitech memungkinkan kamu membaliknya agar dapat memiliki corak warna berbeda sesuai selera.

Headset gaming Logitech G733 Lightspeed hadir dalam varian warna hitam dan putih. Kebetulan unit yang hadir untuk saya ulas di sini berwarna putih. Hampir seluruh kerangka headset ini dilengkapi dengan bahan plastik matte. Bahan plastik mengkilap atau glossy hanya terdapat di sisi pinggir unit driver kiri dan kanan.

Bukan headset gaming namanya jika tidak dilengkapi dengan pencahayaan RGB. Pada G733 Lightspeed, pencahayaan tersebut terdapat pada bagian depan unit driver yang memanjang dari atas ke bawah. Lampu RGB tersebut menyala secara dinamis dan dapat kamu custom.

Pengoperasian

Seluruh tombol kontrol dan port terletak di unit driver sebelah kiri. Tombol-tombol yang ada di G733 Lightspeed dirancang untuk pengoperasian cepat tanpa menganggu ketika kamu sedang seru bermain gim. Ada tiga tombol yang tersedia di headset tersebut, yakti tombol daya, tombol Mute, dan tombol akses volume.

Khusus tombol volume, Logitech mendesainnya dengan akses putar berbasis digital. Oleh karena itu, ketika tombol volume diakses, akan ada grafik tingkat volume khas Windows jika kamu menghubungkannya ke PC. Tombol akses volume juga dilengkapi dengan mekanisme tactile yang memungkinkan pengoperasian tingkat volume lebih mudah.

Terdapat 2 port pada G733 Lightspeed yang berguna untuk mengisi daya dan tempat terhubungnya mikrofon. Pengisian daya dapat dilakukan dengan menghubungkan kabel USB-C ke USB-A (tersedia dalam paket penjualan). Kabel pengisian baterai ini cukup panjang sehingga kamu dapat mengubungkan kabel ke belakang desktop PC.

Hal yang perlu diingat adalah kabel tersebut hanya berguna untuk mengisi ulang baterai, tidak dapat digunakan untuk mentransfer sinyal audio ke headset. Artinya, konektivitas audio pada G733 Lightspeed benar-benar mengandalkan sistem nirkabel. Demi sambungan nirkabel yang lebih stabil, headset ini tidak mengandalkan Bluetooth, tetapi menggunakan dongle khusus yang disebut dengan Lightspeed Wireless Receiver.

Berbentuk seperti flashdisk yang yang dihubungkan ke PC via port USB, dongle Lightspeed nirkabel tersebut memiliki frekuensi 2,4 GHz agar dapat terhubung ke headset G733 Lightspeed. Setelah dongle nirkabel dihubungkan ke PC atau ke perangkat lain yang mendukung, headset G733 Lightspeed langsung dapat digunakan.

Dongle nirkabel

Sebelumnya telah saya sampaikan bahwa G733 Lightspeed hadir dengan pencahayaan RGB. Selain untuk meningkatkan estetika saat digunakan, lampu RGB tersebut juga dapat menampilkan informasi terkait. Ketika daya baterai di bawah 2%, lampu LED akan berwarna merah. Kemudian jika kamu mengisi ulang, maka lanpu akan berkedip perlahan (breathing) berwarna hijau selama 5 kali dan kembali ke pencahaan RGB sebelumnya.

Salah satu kepraktisan yang hadir bersama headset gaming dengan ukuran driver 40 mm ini adalah mikrofon yang dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Rancang bangun mikrofon tersebut dibuat agak fleksibel sehingga lebih mudah diarahkan.

Menggunakan dongle untuk konektivitas nirkabel ketimbang Bluetooth, berarti G733 Lightspeed tidak dapat dihubungkan ke perangkat pintar berbasis Bluetooth secara langsung. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu masih dapat menghubungkan dongle receiver G733 ke ponsel menggunakan OTG dari USB-A ke USB-C yang pada akhirnya terhubung secara nirkabel ke headset G733 Lightspeed. Tetapi saya hanya mencobanya menggunakan ponsel dengan port USB-C, bukan mikan micro USB. Dan perlu diingat mungkin tidak semua ponsel mendukung cara ini.

Menghubungkan headset G733 Lightspeed ke ponsel mungkin agak kurang praktis karena memerlukan adaptor OTG dan dongle receiver Lightspeed yang tidak kecil. Kamu juga akan merasa kesulitan ketika memainkan gim orientasi lansekap saat menggunakan dongle tersebut. Meski demikian, masih banyak lagi perangkat yang mendukung headset ini seperti konsol PlayStation 4, Xbox, dan Nintendo Switch. Intinya, G733 Lightspeed lebih cocok untuk PC, laptop, Mac, dan konsol.

    Share
    ×
    tekid
    back to top