Samsung berencana memproduksi sensor kamera 64 MP untuk smartphone

Karena memiliki ukuran photosite yang sama seperti sensor 48 MP, maka kemungkinan besar sensor Bright GW1 64 MP akan memiliki ukuran lebih besar.

Samsung berencana memproduksi sensor kamera 64 MP untuk smartphone

Demi menghadirkan kualitas fotografi yang jauh lebih baik, Samsung kabarnya baru saja mengumumkan sensor kamera beresolusi 64 MP untuk smartphone yang diklaim memiliki resolusi paling tinggi dibandingkan dengan sensor gambar smartphone di pasaran saat ini. Dilansir dari dari The Verge (8/5), sensor tersebut adalah ISOCELL Bright GW1 yang memiliki ukuran photosite piksel 0,8 mikrometer seperti komponen sensor gambar Samsung 48 MP saat ini.

Karena memiliki ukuran photosite yang sama seperti sensor 48 MP, maka kemungkinan besar sensor Bright GW1 64 MP akan memiliki ukuran lebih besar. Dengan demikian menjanjikan kepekaan yang lebih unggul dibandingkan dengan sensor standar.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

G-Shock B5000TB punya bahan titanium, harganya Rp21 juta

BOE rancang layar micro LED demi saingi Samsung

Apple Watch dominasi pasar smartwatch


Bright GW1 dapat juga menghadirkan gambar beresolusi 16 MP dengan menggabungkan empat piksel menjadi satu, persis seperti sensor beresolusi 48 MP mereka saat ini yang memiliki konfigurasi resolusi default 12 MP.

Sensor gambar dari Samsung tersebut mampu menguraikan filter warna untuk pemotretan beresolusi penuh 64 MP dalam kondisi cahaya standar. Sensor Sony IMX586 48 MP juga memiliki kemampuan serupa, tetapi tidak dengan sensor 48 MP milik Samsung. Meski demikian, pabrikan asal Korea Selatan tersebut baru-baru ini mengumumkan pembaruan sensor 48 MP yang menawarkan fitur seperti sensor 48 MP milik Sony.

Smartphone beresolusi kamera 48 MP kini bisa dibilang sudah menjadi hal yang umum. Sensor ini berada di ponsel Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain. Samsung memperkirakan sensor 64 MP miliknya akan segera diproduksi secara massal pada semester kedua tahun ini. Jadi tidak heran kalau smartphone flagship akhir tahun nanti banyak yang memiliki resolusi kamera 64 MP, apalagi jika sang pemimpin pasar, Sony, juga ikut dalam kancah tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: