sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 19 Mei 2021 14:48 WIB

Hands-on Redmi Note 10S yang baru rilis di Indonesia

Sama seperti seri Redmi Note 10 lainnya yang sudah dirilis di Indonesia (Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro), di dalam kemasan Redmi Note 10S menyertakan kepala charger (33W).

Hands-on Redmi Note 10S yang baru rilis di Indonesia

Xiaomi baru saja melengkapi jajaran ponsel seri Redmi Note 10 ke Indonesia melalui Redmi Note 10S. Dengan kehadiran ponsel terbaru ini, perusahaan ingin menambahkan portofolio bagi para penggemar yang menginginkan ponsel terjangkau tanpa mengorbankan performa. Pada acara peluncurannya, Xiaomi menyebut Redmi Note 10S dengan Jawara AMOLED 64 MP.

Ponsel dari Xiaomi kali ini diperkuat dengan prosesor MediaTek Helio G95. Bagi para penggemar gim, Helio G95 menawarkan performa gesit dan beragam fitur kelas atas seperti multi fotografi hingga 4 kamera. Kebetulan saya berkesempatan untuk menjajal ponsel tersebut.

Sama seperti seri Redmi Note 10 lainnya yang sudah dirilis di Indonesia (Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro), di dalam kemasan Redmi Note 10S menyertakan kepala charger (33W), kabel charger USB-C, soft case berwarna transparan, dan ponsel itu sendiri.

Terdapat dua macam model material bodi Redmi Note 10S. Pertama adalah berbahan glossy atau mengkilap, dan yang lainnya memiliki lapisan frosted. Saya pribadi lebih menyukai bodi dengan bahan frosted karena memiliki nuansa seperti Xiaomi Mi 11 yang masuk ke dalam kelas flagship.

Maing-masing material memiliki karakteristik masing-masing. Bahan mengkilap tidak terlalu terasa licin di tangan, sedangkan bahan frosted sebaliknya. Namun, ada hal perlu diketahui bahwa bahan mengkilap akan lebih mudah meninggalkan noda sidik jari. Meski demikian, seluruh masalah pada masing-masing material tersebut akan teratasi ketika saya memasangkan soft case pada ponsel.

Karena ingin menampilkan performa terbaik di kelasnya, Redmi Note 10S menggunakan teknologi Super AMOLED agar warna yang dihasilkan cerah tanpa gangguan wash-out dari berbagai sudut. Metode di balik layar Super AMOLED adalah bahwa panel ini mengintegrasikan sensor sentuh pada layarnya, ketimbang melapisinya di atas panel.

Layar ini mengusung ukuran 6,43 inci serta dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 3. Kecerahan maksimal dari layar Redmi Note 10S adalah 1.100 nit. Ketika saya mencobanya di luar ruangan, konten dalam layar jelas terlihat tanpa gangguan refleksi benda-benda di sekitarnya. Sebagai informasi, kecerahan maksimal layar ini hampir mirip dengan Mi 11 yang memegang 1.500 nit.

Sisi belakangnya terdapat empat kamera, yang menyertakan kamera utama 64 MP, kamera ultra lebar beresolusi 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth sensor 2 MP. Tata letak keempat kamera tersebut sangat mirip dengan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Kamera utama Kamera utama diletakkan di atas, sedangkan ketiga kamera lainnya berada di bawahnya. Ini menampilkan kesan keseimbangan pada modul kamera.

Di dalam aplikasi kamera, terdapat mode Pro, Video, Photo, Portrait, dan More. Mode Pro memungkinkan kamu mengatur White Balance, Focus, Shutter Speed, ISO, Exposure secara manual. Dengan demikian ini memungkinkan kamu lebih kreatif untuk menghasilkan foto. Sedangkan mode ‘More’ memungkinkan kamu memiliki beberapa opsi lagi seperti 64 MP, Short Video, Panorama, Slow Motion, Time-lapse dan lainnya.

Untuk mengaktifkan kamera makro, kamu tidak akan menemukannya di menu ‘More’. Mode ini dapat diakses dengan mengetuk tombol opsi di sudut kanan atas dan pilih Macro.

Kamera depth sensor memungkinkan pendeteksian antara subjek utama dan latar belakang. hal ini dapat menghasilkan efek bokeh. Kamu dapat mengatur seberapa intens efek bokeh yang ada di belakang subjek utama dengan menggunakan fitur slider yang tertera. Hal yang tidak kalah praktis adalah efek bokeh dapat disesuaikan meski gambar telah diambil.

Saya sempat menggunakan Redmi Note 10S untuk memotret beberapa subjek. Pengalaman yang saya rasakan adalah ponsel ini minim gangguan shutter lag. Pada tingkat zoom 2x, hasilnya secara keseluruhan tidak terlihat seperti zoom digital. Berikut adalah beberapa hasil foto yang diambil menggunakan Redmi Note 10S:

Mode Portrait

 

Hasil kamera standar

 

Hasil ultra lebar

 

Zoom 2x

Share
×
tekid
back to top