Toyota Prius akhirnya dukung Apple CarPlay

Tetapi Prius masih belum terintegrasi dengan Android Auto, meskipun beberapa model Toyota lainnya mendapatkan fitur tersebut.

Toyota Prius akhirnya dukung Apple CarPlay Source: Digital Trends

Mobil hibrida yang diproduksi secara massal pertama di dunia, Toyota Prius, telah mendapatkan pembaruan signifikan untuk model tahun 2019 yang menambahkan sistem drivetrain all-wheel drive (AWD), tetapi Prius masih kehilangan satu fitur penting.

Toyota tidak memberikan mobil hibrida tersebut dengan sistem infotainment terbaru layaknya model lain, seperti Corolla. Kabar baiknya, perusahaan akan menampilkan fitur baru pada infotainment Prius 2020 mendatang.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik


Tersedia pada Prius seri L Eco, LE, dan XLE, sistem infotainment baru ini menyertakan Apple CarPlay serta kompatibilitas Amazon Alexa. Tetapi Prius masih belum terintegrasi Android Auto, meskipun beberapa model Toyota lainnya mendapatkan fitur tersebut. Layar infotainment Prius 2020 diinformasikan berukuran 7 inci.

Dari sisi sistem pergerakan mekanik, Toyota tidak melakukan perubahan. Hanya sistem hibrida saat ini sejak model tahun 2016. Mesin empat silinder 1,8 liter bekerja dengan sistem Toyota Hybrid Synergy Drive, dengan total 121 tenaga kuda. Penggerak roda depan adalah standar, dan opsi penggerak AWD sudah dilakukan mulai tahun 2019. Mirip dengan sistem penggerak AWD yang digunakan dalam crossover hibrida Toyota, motor listrik tambahan memberi daya pada roda belakang, tanpa koneksi langsung ke roda depan. Sistem default AWD hanya bekerja hingga kecepatan 70 km/jam demi efisiensi daya.

Seperti kebanyakan model Toyota lainnya, Prius 2020 hadir dengan standar Toyota Safety Sense P (TSS-P). Paket alat keselamatan pengemudi ini mencakup pengereman darurat otomatis, peringatan jika mobil keluar jalur, high-beam otomatis, dan adaptive cruise control.

Harga untuk Toyota Prius dimulai dari USD25.155 (Rp355 juta) untuk Prius model L Eco dengan AWD, dan USD30.205 (Rp425 juta) untuk model XLE berfitur lengkap dengan penggerak AWD. CarPlay sendiri merupakan standar Apple yang memungkinkan head unit mobil menjadi kontroler untuk perangkat iOS. Sistem ini tersedia pada iPhone 5 ke atas atau sistem operasi iOS 7.1 ke atas. Unit ini juga dapat dipasang secara individual ke sebagian besar kendaraan. Demikian dilansir dari Digital Trends (15/9).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: