sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Kamis, 14 Mar 2024 16:11 WIB

Toyota, Subaru, dan beberapa pabrikan mobil Jepang lain pakai AI untuk desain mobil

Berita terbaru menyatakan bahwa perusahaan mobil Jepang menggunakan AI generatif untuk menyederhanakan proses pengembangan model baru.

Toyota, Subaru, dan beberapa pabrikan mobil Jepang lain pakai AI untuk desain mobil

AI generatif dapat digunakan untuk banyak hal, tetapi sulit untuk mengatakan secara pasti di mana batas atasnya. Sampai sekarang, tampaknya hal itu adalah kendaraan. Berita terbaru menyatakan bahwa perusahaan mobil Jepang menggunakan AI generatif untuk menyederhanakan proses pengembangan model baru.

Dilansir dari Gizmochina (14/3), dengan memanfaatkan kemampuan AI generatif untuk membuat variasi baru berdasarkan data yang ada, perusahaan berharap dapat meningkatkan efisiensi secara signifikan dan berpotensi memangkas waktu perencanaan dan desain sebesar 50%.

Toyota memimpin upaya ini dengan memanfaatkan AI penghasil gambar di lembaga penelitiannya di AS. AI ini menganalisis gambar desain mobil dan menghitung hambatan udara, memungkinkan penyesuaian yang mengoptimalkan desain dan fungsionalitas. Honda juga ikut serta, menggunakan AI generatif melalui usaha patungannya dengan Sony untuk mengembangkan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut (ADAS) untuk mobil AFEELA mendatang.

Subaru dan Mazda mengambil pendekatan yang sedikit komprehensif, dengan fokus pada pelatihan tenaga kerja mereka mengenai prinsip-prinsip AI. Subaru telah meluncurkan program untuk membekali lebih dari 4.000 insinyur dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan AI generatif, sementara Mazda mewajibkan pelatihan AI bagi semua karyawan tidak langsung di departemen desain dan eksperimental pada tahun 2025.

Tujuan utama Mazda adalah menggandakan efisiensi produksi secara keseluruhan pada tahun 2030. Ini adalah tujuan yang besar, tetapi jangka waktu yang realistis dan teknologi AI yang berkembang pesat dapat mendorong perusahaan mencapai angka yang diperkirakan.

Ketika perusahaan mobil berlomba mengembangkan kendaraan listrik dan fitur mengemudi otonom, ada satu hal yang jelas – AI generatif tidak diragukan lagi akan menjadi alat yang ampuh untuk mempercepat inovasi dan berpotensi membentuk kembali transportasi. Menarik untuk melihat apakah AI juga berperan dalam menghasilkan desain atau fungsi mobil khusus yang belum pernah kita bayangkan.

Share
×
tekid
back to top