sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Selasa, 09 Jul 2024 07:27 WIB

NASCAR umumkan mobil balap listriknya, punya tenaga sangat tinggi

NASCAR memamerkan purwarupa mobil stok listrik baru di Chicago Street Race sebagai bagian dari presentasi inisiatif keberlanjutannya.

NASCAR umumkan mobil balap listriknya, punya tenaga sangat tinggi

NASCAR memamerkan purwarupa mobil stok listrik baru di Chicago Street Race sebagai bagian dari presentasi inisiatif keberlanjutannya, yang mana NASCAR memiliki mitra baru di perusahaan elektrifikasi Swedia, ABB. Mobil, yang lebih mirip crossover performa seperti Ford Mustang Mach-E, dalam banyak hal benar-benar berbeda dari mobil stok tradisional.

Namun, jangan berharap purwarupa ABB NASCAR EV akan menggantikan V8 yang menggunakan bahan bakar dalam waktu dekat. NASCAR mengatakan mobil tersebut memiliki tiga motor listrik – satu di depan dan dua di belakang – ditenagai oleh baterai berpendingin cairan 78 kWh yang dapat menghasilkan 1.000 kW pada tenaga puncak.

Dilansir dari The Verge (9/7) mobil listrik tersebut menggunakan versi modifikasi dari sasis Next Gen NASCAR yang diperkenalkan pada tahun 2022, yang dirancang dengan tujuan transisi ke bahan bakar alternatif. Chevrolet, Ford, dan Toyota membantu pengembangannya. Berikut tampilan mobil tersebut beraksi dari laman YouTube Fox Sports:

Sebelum diluncurkan, purwarupa seharga $1,5 juta ini hanya dikemudikan oleh pembalap NASCAR David Ragan. Ragan mengatakan bahwa putaran tercepatnya di Martinsville Speedway di Virginia adalah “dua persepuluh detik lebih lambat” dibandingkan pembalap pada umumnya, meskipun akselerasinya hampir dua kali lipat. Tidak mengherankan, bobot menjadi faktor besar yang memperlambatnya saat menikung.

Mobil stok tradisional akan selalu stabil saat berbelok, meskipun ada rumor NASCAR akan memperkenalkan hibrida dalam beberapa tahun. Namun, mereka bisa melakukan hal serupa dengan seri Formula E serba listrik yang disponsori ABB; NASCAR mengatakan pihaknya “mungkin mengeksplorasi kemungkinan seputar balap performa tinggi,” menurut NBC News.

Share
×
tekid
back to top