sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
Selasa, 26 Mei 2020 13:52 WIB

Sony bakal hadirkan soundtrack sesuai emosi pemain di PS5

Sony bakal hadirkan soundtrack yang mampu beradaptasi dengan emosi para pemainnya. Hal ini akan membuat pengalaman bermain gim makin imersif.

Sony bakal hadirkan soundtrack sesuai emosi pemain di PS5
Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Ada banyak faktor yang membuat pengalaman bermain sebuah gim menjadi lebih imersif. Plot dalam gim, grafis, interaksi karakter hingga dukungan soundtrack. Ya, musik latar yang tepat akan menjadi dukungan yang pas ketika bermain sebuah gim karena dapat membawa suasana menjadi semakin menarik. 

Nah, Sony sudah pernah menjanjikan bahwa di PS5 pihaknya akan membuat revolusi suara di gim. Hal itu dilakukan dengan mengandalkan prosesor audio 3D. Sony tampaknya sedang bergerak untuk mengembangkan soundtrack yang ditenagai dengan AI. Nantinya, soundtrack ini akan bereaksi terhadap cara bermain dan emosi pemainnya. Singkatnya, soundtrack yang dihasilkan akan berbeda-beda. 

Dilansir dari Techradar (26/5), sebuah paten dengan nama Dynamic Music Creation in Gaming dari Sony pun muncul. Deskripsinya memang tidak secara khusus menyebutkan bahwa teknologi ini akan digunakan di PlayStation 5, namun besar kemungkinan kalau Sony akan menyertakannya dalam perangkat terbarunya. 

Dalam patennya, Sony menyebut bagaimana mereka berencana menggunakan machine learning untuk menganalisa komponen musik berbeda. Ini termasuk ritme, melodi dan harmoni untuk memetakan emosi spesifik pemain. Cara ini akan menghasilkan musik berbeda tergantung dari emosi para pemainnya. 

Pertama-tama, Sony akan membuat motif musik untuk memetakan karakter spesifik, aktivitas dalam gim, lokasi atau bahkan personalitas pemainnya. Kemudian, motif-motif ini akan dikodekan untuk diputar berdasarkan data Sony mengenai apa yang pemain rasakan, atau harus rasakan. 

Ada beberapa emosi yang bakal didukung oleh musik ini, antara lain, tensi tinggi, bertenaga, gembira, keajaiban, kelembutan, transendensi, kedamaian, nostalgia, kesedihan, sensualitas dan ketakutan. 

Para insinyur Sony berencana untuk menganalisa musik populer dalam jumlah besar dalam rangka mengubah emosi menjadi sains. Sistem machine learning akan mengkonversi musik ke skor elektronik, memasangkan skor tersebut dengan review dari kritikus dan penggemar dan memainkan musik tersebut yang sesuai dengan emosi pemain. 

Share
back to top