sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 18 Apr 2024 13:07 WIB

Emulator Nintendo Delta hadir di iOS, bisa dipasang tanpa sideload

Kini pengguna dapat mengunduh Delta gratis langsung dari App Store tanpa harus khawatir melakukan sideload.

Emulator Nintendo Delta hadir di iOS, bisa dipasang tanpa sideload

Belum lama ini Apple mulai mengizinkan emulator game retro di App Store. Kita telah melihat satu kontroversi penting setelah perusahaan menarik emulator Game Boy iGBA dari toko aplikasinya. Ternyata iGBA, yang menduduki puncak jumlah pengunduhan, hampir merupakan salinan dari emulator lain yang dikirimkan untuk ditinjau.

Pengembang GBA4iOS Riley Testut mengklaim bahwa iGBA adalah "tiruan GBA4iOS" yang penuh dengan iklan dan tracker. Ternyata, Delta buatan Testut, penerus GBA4iOS, kini tersedia gratis di App Store.

Emulator versi awal tersebut mulai populer satu dekade lalu setelah Testut menemukan cara bagi pengguna iPhone untuk melakukan sideload emulator Game Boy Advance tanpa harus melakukan jailbreak pada perangkat mereka. Apple akhirnya menutup celah iOS dan, tentu saja, Nintendo tidak terlalu senang dengan emulator tersebut. Namun, kini pengguna dapat mengunduh Delta gratis langsung dari App Store tanpa harus khawatir melakukan sideload.

Selain judul-judul GBA, aplikasi ini juga mendukung game NES, SNES, Nintendo 64, Game Boy Color, dan Nintendo DS, dengan janji akan lebih banyak platform yang akan datang. Dilansir dari Engadget (18/4), aplikasi ini mendukung kontroler pihak ketiga, serta penyimpanan cepat, cheat code, dan sinkronisasi data antar perangkat menggunakan Google Drive atau Dropbox. Bahkan ada multipemain lokal hingga empat pemain.

Pengguna harus menyediakan game apa pun yang ingin Anda mainkan di emulator. Agar tetap mematuhi hukum, pengguna harus mengganti game yang sudah dimiliki ke dalam file ROM.

Meskipun pengguna iPhone dan iPad di luar UE dapat memperoleh Delta dari App Store secara langsung, prosesnya sedikit berbeda bagi mereka yang tinggal di wilayah tersebut. Testut juga berada di balik pasar aplikasi pihak ketiga bernama AltStore, yang kini dapat diinstal dengan lebih mudah oleh pengguna iPhone di UE.

Share
×
tekid
back to top