sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 27 Jul 2022 09:11 WIB

Snapdragon 8 Gen 2 diprediksi punya peningkatan 10%

Akan hadir beberapa bulan lagi, Snapdragon 8 Gen 2 diperkirakan akan dipasangkan dengan modem Qualcomm Snapdragon X70 5G terbaru selain desain CPU yang unik.

Snapdragon 8 Gen 2  diprediksi punya peningkatan 10%

Pekan lalu, Qualcomm mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 generasi berikutnya pada 15 November 2022. Sekarang, sebelum peluncuran, beberapa detail tentang SoC tersebut telah muncul memberi kita gambaran tentang apa saja fitur baru yang ditawarkannya.

Menurut laporan WFCCtech, TSMC ditunjuk sebagai produsen tunggal yang akan memroduksi Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm. Meski demikian, chipset tersebut kemungkinan tidak akan dibuat pada node 3nm TSMC yang akan datang. Ini dikarenakan fakta bahwa Apple adalah klien TSMC yang paling menguntungkan dan telah memesan kapasitas luar biasa untuk chip M2 Pro dan M2 Max. Jadi, kita kemungkinan akan melihat Qualcomm menggunakan node 4nm TSMC lagi untuk chipset Snapdragon 8 Gen 2. Sebagai informasi, itu adalah node yang sama di mana Snapdragon 8+ Gen 1 dibuat.

Samsung baru-baru ini mulai mengirimkan node 3nm mutakhirnya ke klien, tetapi, dilaporkan bahwa tidak ada vendor chipset ponsel yang mendekati Samsung untuk chip 3nm GAA mereka. Alasan Qualcomm belum melakukan pemesanan dengan Samsung adalah kegagalan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini diproduksi pada node 4nm Samsung dan banyak dikritik karena masalah termal dan efisiensinya.

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa Qualcomm dapat memilih cluster “1+2+2+2+3” ketimbang cluster CPU “1+3+4” yang digunakan pada chip Snapdragon sebelumnya. Konfigurasi baru ini akan memiliki inti berperforma tinggi dengan nama kode Makalu, dua inti Makalu, dua inti Matterhorn, dan tiga inti Klein R1. Nama kode ini akan sesuai dengan Cortex-X3, Cortex-A715, dan Cortex-A510, yang merupakan arsitektur CPU terbaru dari ARM.

Dilansir dari Gizmochina (27/7), Snapdragon 8 Gen 2 diperkirakan akan dipasangkan dengan modem Qualcomm Snapdragon X70 5G terbaru selain desain CPU yang unik. Ini memungkinkannya mencapai kecepatan unduhan puncak baru dengan penggunaan daya 60% lebih kecil. Tipster Yogech Brar telah menginformasikan bahwa kita dapat mengharapkan peningkatan yang signifikan dalam performa GPU dan peningkatan sekitar 10% dalam keseluruhan performa chipset.

Share
×
tekid
back to top