Sensor Apple Watch 4 salah deteksi kejatuhan

Sensor jatuh Apple Watch 4 dilaporkan salah mendeteksi kejatuhan penggunanya. Hal ini terjadi lantaran pengguna tidak mematikan fitur tersebut saat berolahraga.

Sensor Apple Watch 4 salah deteksi kejatuhan Source: Ubergizmo

Apple membekali Apple Watch 4 dengan berbagai fitur canggih. Selain adanya EKG, smartwatch ini juga dibekali dengan sensor jatuh. Sensor ini akan membunyikan alarm dan menampilkan peringatan.

Sayangnya, fitur EKG oleh beberapa dokter dinilai tidak dapat dijadikan referensi utama untuk mengetahui kesehatan penggunanya. Hal yang sama pun terjadi di sensor jatuh yang tertanam dalam Apple Watch 4. Sensor jatuh Apple Watch 4 salah mendeteksi jatuh ketika penggunanya sedang bermain ski.


BACA JUGA

Analis anjurkan Apple potong harga iPhone XR

Qualcomm menolak jual modem ke Apple

Kurangnya inovasi jadi dalang lemahnya penjualan iPhone


Sebelumnya, Ubergizmo (11/1) melaporkan bahwa pusat tanggap darurat di area ski di Colorado, merasa frustasi akibat banyaknya laporan masuk terkait kesalahan deteksi yang dilakukan sensor jatuh Apple Watch 4. Masalahnya menjadi semakin rumit ketika pengguna lupa mematikan fitur tersebut dan tidak sadar ketika smartwatch mereka mengirimkan pesan darurat ke pihak berwajib.

Tim penyelamat pun diturunkan, namun kesulitan menemukan korban yang dimaksud. Pasalnya, orang yang diduga sebagai korban justru masih asyik bermain ski, tanpa mengalami cedera fatal. Tampaknya sensor tersebut kesulitan untuk membedakan jatuh dalam aktivitas olahraga dengan jatuh karena sebab kecelakaan.

Apple sendiri memberikan penjelasan mengenai cara kerja sensor ini pada laman resminya. Di sana dikatakan bahwa sensor ini akan membunyikan alarm dan menampilkan peringatan ketika mendeteksi bahwa penggunanya terjatuh. Dalam kasus khusus, Apple Watch secara otomatis mengirim pesan darurat ke nomor kontak darurat. Namun hal ini hanya berlaku jika Apple Watch 4 tidak mendeteksi adanya gerakan dari penggunanya setelah satu menit.

Apple merekomendasikan untuk mematikan fitur ini ketika hendak melakukan aktivitas fisik yang rentan mengalami jatuh. Pasalnya fitur ini akan mendeteksi banyak jatuh saat sedang melakukan aktivitas fisik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: