sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 24 Jun 2022 10:08 WIB

Samsung umumkan sensor kamera beresolusi 200 MP

Samsung mengumumkan sensor kamera ponsel ISOCELL HP3 beresolusi 200 MP terbaru. Sensor ini akan memiliki pixel binning 16-in-1.

Samsung umumkan sensor kamera beresolusi 200 MP

Samsung Electronics baru saja mengumumkan sensor kamera kelas atas baru untuk ponsel. Sensor ini adalah ISOCELL HP3 200 megapiksel, yang hadir dengan berbagai peningkatan dan fitur dibandingkan dengan pendahulunya.

Sebagai informasi, sensor HP3 adalah penerus ISOCELL HP1, yang memiliki ukuran piksel 0,64 mikrometer. Namun sekarang, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu telah mengumumkan sensor gambar HP3 baru, yang memiliki ukuran piksel 0,56 mikrometer terkecil di industri. Dengan kata lain, kamera terbaru yang memiliki sensor ini mengusung resolusi tinggi yang memiliki piksel terkecil. Samsung juga membawa teknologi baru, yang disebut Epic Resolution Pro yang menawarkan resolusi tinggi tingkat profesional untuk pengguna ponsel.

Dilansir dari Gizmochina (24/6), ISOCELL HP3 memiliki ukuran piksel 12% lebih kecil dan juga dapat memungkinkan pengurangan sekitar 20% pada area permukaan kamera. Khususnya, sensor HP3 juga mendukung perekaman video hingga 8K pada 30 fps dan perekaman 4K pada 120 fps. Hal yang cukup menarik adalah, kamera ini bisa merekam video beresolusi tinggi dengan minim loss di bidang pandang, terutama pada resolusi 8K.

Aspek penting lainnya mengenai sensor baru itu adalah teknologi Tetra2Pixel. Biasanya, pixel binning yang memungkinkan sensor kamera menggabungkan empat piksel (alias quad binning), membantu menawarkan gambar yang lebih cerah dalam skenario cahaya rendah. Namun dengan sensor HP3 baru, Samsung menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Secara teori, itu seharusnya memungkinkan kamera untuk menawarkan satu sensor piksel berukuran besar yang akan mampu menangkap lebih banyak cahaya untuk performa lebih baik dalam pemandangan malam. Saat ini, tidak jelas ponsel mana yang akan meluncur dengan sensor HP3, tetapi kemungkinan disiapkan untuk model kelas atas seperti seri Galaxy S.

Share
×
tekid
back to top