sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Rabu, 05 Agst 2020 16:07 WIB

Samsung kehilangan pesanan chip 5nm Qualcomm

Ketimbang mengalihkan semua pesanan kembali dari Samsung ke TSMC, tampaknya Qualcomm akan mendistribusikan pesanan di antara kedua perusahaan tersebut.

Samsung kehilangan pesanan chip 5nm Qualcomm
Source: Pexels

Belum lama ini Samsung mengonfirmasi mereka telah memulai produksi chipset berbasis 5nm secara massal. Pada saat itu, diyakini bahwa perusahaan tersebut dapat mulai memproduksi pesanan untuk chipset Qualcomm berikutnya.

Meski demikian Samsung mungkin telah kehilangan momentum pesanan ke TSMC jika laporan terbaru yang datang dari Tiongkok dapat dipercaya. Dilansir dari Gizmochina (5/8), alasan yang dikutip dalam laporan ini adalah masalah dalam proses pengembangan.

Baru-baru ini ada pula laporan yang menyebut Samsung Foundry sedang berjuang karena hasil rendah dari proses 5nm EUV (Extreme Ultraviolet). Kini, dilaporkan Qualcomm kemungkinan mengubah pesanan awal modem Snapdragon X60 dan System on Chip (SoC) Snapdragon 875 ke TSMC.

Ketimbang mengalihkan semua pesanan kembali dari Samsung ke TSMC, tampaknya Qualcomm akan mendistribusikan pesanan di antara kedua perusahaan tersebut. Samsung juga memiliki pesanan SoC Snapdragon 735 pada node 5nm dan dilaporkan bekerja pada SoC Exynos 1000.

TSMC, produsen chipset terbesar di dunia telah memulai produksi massal chipset 5nm, dimulai dengan chipset Apple A14 yang akan memperkuat jajaran ponsel Apple iPhone 12 mendatang. Raksasa teknologi asal Taiwan tersebut saat ini memiliki kapasitas produksi 60.000 chip setiap bulan pada proses 5nm. Tetapi perusahaan tersebut sedang mencari untuk memperluas kapasitasnya agar mencapai sekitar 80.000 hingga 90.000 unit per bulan.

Samsung memiliki rencana ambisius untuk masa depan dan bertujuan untuk menjadi perusahaan semikonduktor terkemuka di dunia pada tahun 2030. Selain memulai produksi massal chip 5nm, perusahaan ini juga mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengerjakan proses fabrikasi 4nm.

Share
×
img
×
tekid
back to top