sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 19 Okt 2017 13:49 WIB

Samsung Developer Conference: Bixby 2.0 dan Project Ambience

Menanggapi sentimen terhadap asisten digitalnya, mereka mengenalkan Bixby 2.0

Untuk dapat bersaing dengan Google Assistant atau Amazon Alexa, ada beberapa hal yang perlu Samsung lakukan, selain hanya mengenalkan asisten digitalnya yang disebut Bixby pada Samsung Galaxy S8.

Salah satu hal yang perlu dipikirkan Samsung adalah kompatibilitas dari Bixby sendiri. Karena Bixby belum bisa seramah Google Assistant yang sudah mulai ekspansi ke berbagai platform alat elektronik lain. Bixby juga belum sepintar dan seluwes seperti asisten digital milik Google.

Kabar terbaru menyebut, Samsung mengenalkan Bixby 2.0 bersamaan dengan Project Ambience.

Bixby 2.0

Hal utama pembaruan asisten digital Bixby 2.0 adalah memperluas kompabilitas-nya dengan berbagai perangkat. Ini berarti, Bixby mulai bisa ditemui pada perangkat elektronik, seperti Smart TV atau Smart Refrigerator.

Samsung juga meningkatkan kemampuannya, terutama kemampuan ‘deep-linking’ untuk mencari konten yang lebih spesifik, analisa bahasa sehari-hari dan kemampuan untuk mengenali beberapa pengguna. Fitur ini sudah dimiliki Google Assistant dan Amazon Alexa.

Selain itu, Samsung juga mulai mengenalkan Project Ambience, sebuah visi dari Samsung untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik berbasis IoT dengan menggunakan Bixby.

"Kami melihat dunia di mana asisten digital memainkan peran lebih besar, peran yang cerdas, di mana suatu hari semuanya mulai dari telepon kami, hingga lemari es kami, hingga sistem sprinkler kami akan memiliki semacam kecerdasan untuk membantu kami berinteraksi dengan semua teknologi yang kami gunakan setiap hari," kata Samsung Eui-Suk Chung selaku Executive Vice President, R&D - ‎Samsung Electronics.

Bixby 2.0 didukung oleh teknologi Viv, perusahaan yang mengembangkan Siri dan telah diakuisisi Samsung tahun lalu. Untuk para pengembang, sudah tersedia SDK Bixby, membuka jalan untuk memperluas jumlah perangkat yang terintegrasi Bixby di dalamnya.

Share
×
tekid
back to top