sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
Sabtu, 04 Apr 2020 11:11 WIB

Robot-robot ini bantu manusia selama pandemi corona

Di beberapa negara, robot sudah digunakan untuk membantu kebutuhan manusia selama pandemi corona, bahkan dapat menggantikan petugas medis.

Robot-robot ini bantu manusia selama pandemi corona
Source: Kementerian Dalam Negeri Tunisia melalui Cnet

Kemajuan teknologi diharapkan dapat membantu manusia untuk menghadapi berbagai situasi. Selama masa pandemi ini, teknologi pun terbukti ampuh membantu keseharian manusia. Seperti yang terjadi di Tunisia. Di negara ini, polisi berpatroli menggunakan robot untuk memantau warganya yang bandel selama masa lockdown

Untuk diketahui, pemerintah Tunisia mewajibkan warganya untuk tetap tinggal di rumah selama masa pandemi ini berlangsung. Keputusan itu sudah berlaku sejak 22 Maret lalu. Warga Tunisia hanya diperkenankan keluar rumah untuk membeli obat dan kebutuhan lainnya. 

Nah, kepolisian Tunisia menggunakan robot yang dikembangkan oleh Eneva Robotics. Robot bernama PGuard ini menggunakan empat roda untuk bergerak dan dibekali dengan teknologi inframerah, kamera thermal, speaker dan sistem alarm untuk membuat pengumuman kepada publik negara tersebut. 

Jika robot ini mendeteksi adanya potensi pelanggaran yang dilakukan warganya, PGuard akan langsung mendekati orang tersebut dan menanyakan sejumlah hal, termasuk kartu identitas. Polisi dapat  langsung berbicara dengan warga secara real time menggunakan mikrofon dan speaker

Dilansir dari Cnet (4/4). sebenarnya pemanfaatan robot bukan hanya dilakukan di Tunisia. Beberapa negara lain pun sudah melakukannya. Misalnya, di Jerman, sebuah robot diletakan pada sejumlah toko untuk memberi penjelasan tindakan perlindungan dari corona. Sementara di Amerika Serikat, Inggris dan beberapa negara lain, robot sudah digunakan untuk melakukan pengantaran barang ke rumah. 

Di beberapa rumah sakit di Italia, Thailand dan Tiongkok, robot bahkan digunakan untuk menggantikan tugas manusia dalam memeriksa dan memantau Covid-19 di rumah sakit tersebut. Tidak hanya itu, pada sebuah rumah sakit di Wuhan, robot sudah mengambil alih seluruh pekerjaan di sana selama beberapa bulan belakangan ini. Robot itu akan mengambil tanda vital pasien, mengirimkan makanan, mensterilkan fasilitas kesehatan hingga menghibur pasien yang dikarantina. Robot juga sudah digunakan untuk mensterilkan jalanan dan mengeluarkan hand sanitizer di Tiongkok. 

Share
back to top