sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Sabtu, 27 Jan 2024 07:03 WIB

Robot ini bisa bantu pengguna hadiri rapat tanpa bepergian

Robot berwujud mirip manusia ini bisa bantu pengguna yang ingin menghadiri rapat secara fisik tanpa perlu pergi ke lokasi secara langsung.

Robot ini bisa bantu pengguna hadiri rapat tanpa bepergian
Sumber: Istituto Italiano di Tecnologia
Teknologi robot semakin berkembang secara pesat terlebih dengan adanya fitur Virtual Reality (VR) hingga Artificial Intelligence (VR). Salah satu bukti nyatanya yakni iCub 3, robot canggih yang dapat mewakili penggunanya menghadiri rapat secara langsung.
Merujuk informasi dari New Scientist (26/1), robot ini tidak hanya mampu mewakili pengguna secara fisik, namun juga bisa memberikan sensasi empiris secara langsung kepada penggunanya dari jarak jauh. Jadi pengguna bisa merasakan sesuatu yang disentuh oleh robot tersebut, itu juga termasuk bisa melihat sebagaimana sudut pandang robot.
Hal ini dimungkinkan lantaran robot ini telah terintegrasi dengan teknologi VR yang mana dapat memberikan pengalaman maksimal kepada penggunanya. Seolah pengguna merasakan sensasi menjadi robot, akan tetapi itu semua dilakukan dari jarak jauh sehingga pengguna tidak perlu melakukan perjalanan jauh, cukup menghubungkan VR dengan robot iCub 3 tersebut saja yang sudah tersedia di lokasi pertemuan.
Pengguna dalam hal ini selain dibekali headset VR juga dilengkapi sarung tangan khusus yang terhubung langsung ke robot. Inilah yang memungkinkan pengguna bisa merasakan apapun yang dipegang atau disentuh oleh robot kendati dari jarak jauh hingga 290 km.
Untuk menghubungkan robot dengan perangkat VR diperlukan jaringan internet kuat dan stabil, sehingga mungkin inilah salah satu kelemahan yang perlu diperbaiki ke depannya. Akan tetapi, iCub 3 secara keseluruhan dinilai sudah sangat membantu dalam menunjukkan perkembangan teknologi robot yang dikombinasikan dengan berbagai teknologi lainnya seperti VR.
'iCub 3 adalah robot yang sangat menarik dan menawarkan keunggulan yang jelas daripada berbagai penemuan sebelumnya," kata Jonathan Aitken, salah satu peneliti di laboratorium tempat pengembangan model robot tersebut.

Share
×
tekid
back to top