sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 22 Mar 2022 13:35 WIB

realme Buds Air 3, ANC apik harga terjangkau

Ditawarkan dengan harga Rp 600ribuan, realme Buds Air 3 Noise Off. Rock On! memiliki berbagai macam fitur TWS kelas atas, yang salah satunya adalah ANC berkualitas baik dan disebut sebagai Flagship TWS ANC Killer.

realme Buds Air 3, ANC apik harga terjangkau

TWS saat ini sudah menjadi bagian penting dalam keseharian masa kini. Bukan hanya menjadi sebuah gaya hidup saja, namun TWS saat ini mungkin sudah menjadi sebuah kebutuhan para milenial.

Bukan hanya bentuknya saja yang menjadi perhatian para pengguna. Namun, berbagai fitur, mulai dari hadirnya fitur active noise canceling hingga kualitas suara yang baik menjadi sebuah keharusan.

Sayang, kekurangan dari perangkat yang memiliki semua fitur tersebut adalah harganya yang mahal. Tapi, realme mendobrak inovasi dengan menghadirkan TWS Buds Air 3, yang memiliki semua fitur yang diinginkan pengguna namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Tim Tek.id pun beruntung sudah dapat menguji TWS yang satu ini sebelum acara peluncuran. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengalaman penggunaan kami selama beberapa waktu ini.

Yang paling kami suka dari realme Buds Air 3 adalah fitur active noise canceling. Saat pertama kali menggunakan fitur ini, kami terkejut dengan seberapa baik active noise canceling yang ada di perangkat ini.

Kami mencoba menggunakan TWS ini di berbagai kondisi. Tapi, yang perlu digaris bawahi adalah saat kami coba di beberapa lokasi yang sangat bising, seperti di terminal bus, suaranya sangat kedap.

realme mengklaim, sistem active noise canceling milik mereka dapat meredam suara hingga 42dB. Jika dibandingkan dengan TWS lain di kisaran harga yang sama, ini merupakan yang terbesar.

Ada juga tambahan fitur desain Smart De-wind. realme Buds Air 3 menggunakan algoritma Smart De-wind, yang dimana saat perangkat ini mendeteksi bahwa suara angin kencang, mikrofon feedforward secara otomatis menerima lebih sedikit audio. 

Dari segi perangkat keras, realme Buds Air 3 menggunakan struktur De-wind saluran ganda. Desain anti-wind-noise dengan aliran udara dua arah memungkinkan angin mengalir secara alami melalui dua lubang pemandu angin di batang earbud. 

Ini secara efektif mencegah angin dari pembentukan kebisingan turbulen di mikrofon feedforward untuk mencapai pembatalan kebisingan angin.

Bukan hanya sampai disitu saja, mereka juga sudah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland. realme Buds Air 3 ini lulus uji simulasi lebih dari 10 skenario pengguna aktif dari perusahaan sertifikasi tersebut.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode ini, pengguna tak perlu menggunakan aplikasi realme link. Pengguna hanya tinggal menekan bagian samping baik headset kiri atau kanan selama 2 detik.

Selain mode active noise canceling, terdapat juga fitur Transparency Mode. Mode ini bisa kalian gunakan saat mendengarkan lagu sembari menunggu informasi penting, saat kalian dibonceng menggunakan motor, atau saat berolahraga.

Bagi kalian yang suka olahraga, kalian juga tidak perlu khawatir realme Buds Air 3 cepat copot. Mereka memberikan beberapa earphone tips dengan beberapa ukuran berbeda, yang cocok dengan berbagai jenis bentuk telinga.

Dan untuk kalian yang berolahraga berat, kalian juga tidak perlu khawatir TWS ini akan cepat rusak. Soalnya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur IPX5, sehingga tahan dengan keringat.

Desain dari realme Buds Air 3 juga terbilang fashionable, yang mereka sebut sebagai Airy Design. Desainnya mewarisi estetika melengkung dari generasi sebelumnya, selain itu mengadopsi desain lapang yang unik.

Bagian atas earbud dibuat dengan bahan transparan, dan bagian belakang memiliki lapisan berlapis. Kombinasi bentuk lengkung dan warna pelapis memberikan kilau seperti permata pada earbud yang memantulkan cahaya dan bayangan dengan sempurna.

Sedangkan bagi kalian yang sering kali bekerja menggunakan laptop dan smartphone, realme Buds Air 3 ini juga dilengkapi dengan fitur Dual Device Connection. Kami bisa mengkoneksikan perangkat ini ke dua perangkat sekaligus.

Kami dapat mendengarkan film atau musik dari laptop, namun akan tetap mendapatkan notifikasi dari smartphone. Ini sangat berguna, apa lagi jika kalian tak suka menggunakan WhatsApp web atau aplikasi lain.

Dan saat kami coba untuk melakukan panggilan video call, hasil suaranya juga sangat baik. Hadir juga fitur algoritma peredam bising AI ENC. Meski saat pengujian terdapat beberapa pekerja bangunan, suara yang dihasilkan tetap jernih.

Bagi para gamer, dikarenakan menggunakan mode latensi super rendah, tidak ada jeda antara suara di perangkat dan di headset. Suaranya instan, dengan dukungan latensi hingga 88ms yang sangat rendah.

Kalian juga akan disuguhkan dengan teknologi Bluetooth 5.2 generasi baru, dimana menawarkan proses penyambungan instan. Selain itu, kalian juga mendapatkan kualitas suara lebih baik dibanding dengan generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk pengalaman suaranya, kami sangat terkesan. Setelah melakukan burn-in selama 6 jam (3+3 jam), kami mendapatkan kualitas suara yang sangat baik. Suara rendah terdengar jernih, dan suara atas tidak terlalu overpower.

Bagi kalian yang menyukai bass, realme juga menggunakan driver yang sangat baik. Mereka menggunakan Bass Boost Driver 10mm, yang menghasilkan suara bass yang bulat, yang bisa diatur sesuka pengguna.

Oh iya, untuk penggunaan aplikasi sendiri, penggunaan aplikasi realme Link juga sangat baik. Di sini, kita dapat melakukan kontrol penuh terhadap realme Buds Air 3. Tentu saja, ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mendapatkan perangkat yang sempurna untuk mereka.

Di sini, kami juga dapat mengatur EQ kalian sendiri secara otomatis dan manual. Untuk pengaturan EQ otomatis, saat kami coba, ternyata memang preset yang mereka buat sesuai dengan preferensi kami, meski memang kami harus sedikit melakukan tweak agar lebih sempurna.

Sudah gitu, TWS ini juga sudah menggunakan realme Chip R3 yang telah diperbarui. Tidak hanya memiliki kemampuan peredam bising yang efisien dan profesional, tetapi juga memiliki konsumsi daya yang sangat rendah.

Terakhir, selama pengujian daya tahan baterai, kami dapat menggunakan perangkat ini dengan waktu yang lama. Kami dapat menggunakan realme Buds Air 3 selama 6 jam tanpa berhenti. Dan untuk total penggunaan bersama casing, kalian dapat digunakan selama 30 jam. 

Sementara untuk pengisian daya, kalian dapat melakukan pengisian selama 1,4 jam untuk mendapatkan baterai headset dan casing hingga penuh melalui USB Type-C. Dan untuk mengisi penuh headset TWS-nya saja, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 55 menit saja.

Untuk harga, realme Buds Air 3 ditawarkan dengan harga Rp 600 ribuan saja, dan bisa mulai dibeli tanggal 22 Maret ini. Untuk informasi pembelian dapat mengunjungi link berikut.

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top