sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
Rabu, 01 Des 2021 10:47 WIB

Qualcomm resmi luncurkan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm membawa banyak peningkatan performa di Snapdragon 8 Gen 1, mulai dari kecepatan, penggunaan daya, dan masih banyak yang lainnya.

Qualcomm resmi luncurkan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm baru saja mengumumkan SoC generasi terbaru. Seperti rumor sebelumnya, perusahaan benar-benar menamakan SoC mereka sebagai Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm menggunakan konfigurasi satu inti utama Kryo yang didasarkan ARM Cortex-X2 dengan kecepatan 2,995GHz, tiga inti Kryo Performance yang didasarkan ARM Cortex-A710 dengan kecepatan 2,50GHz, serta empat Kryo Efficiency yang didasarkan ARM Cortex-A510 berjalan pada 1.79GHz.

SoC baru ini dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 4nm dan menggunakan arsitektur ARMv9. Qualcomm mengklaim SoC ini akan 20% lebih cepat dan 30% lebih irit daya jika dibandingkan dengan Snapdragon 888.

GPU yang digunakan juga merupakan GPU Adreno baru. GPU baru ini disebut akan memiliki performa 30% lebih cepat pada rendering grafis dan juga 25% lebih irit daya. Yang menarik, GPU ini juga sudah mendukung API Vulkan 1.1. Dengan hadirnya dukungan ini, Qualcomm mengklaim peningkatan kinerja GPU baru mereka mencapai 60%.

Para pabrikan smartphone juga akan dapat menggunakan kamera yang lebih baik dan menghadirkan pengalaman merekam video yang lebih baik. Sebab, Qualcomm menggunakan Spectra 680 Image Signal Processor baru, dengan bandwidth memori meningkat menjadi 3,2 Gigapixels per detik.

Kemampuan ini membuat smartphone dapat merekam video dengan kamera 108MP pada 30FPS. Tak ketinggalan, pengguna juga akan dapat merekam video HDR 8K dan mengambil gambar 64MP pada saat yang bersamaan.

Konfigurasi lainnya termasuk mendukung tiga kamera 36MP dan melakukan perekaman video 30FPS. ISP Spectra 680 juga dapat menangkap 240 gambar 12MP dalam satu detik.

Di sisi AI, mereka menggunakan mesin AI generasi ketujuh yang disebut memiliki kemampuan empat kali atau 400% lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Snapdragon 8 Gen 1 juga hadir dengan akselerasi Tensor dua kali lebih cepat, dua kali lebih besar untuk shared memory, dan lebih irit daya 1,7 kali daripada Mesin AI pada Snapdragon 888.

Terakhir, perusahaan asal Amerika tersebut juga mengintegrasikan modem Snapdragon X65 5G ke Snapdragon 8 Gen 1. Chip jaringan baru ini dapat mencapai kecepatan downlink hingga 10Gbps, mendukung Wi-Fi 6E, dan untuk pertama kalinya, perusahaan menyatakan bahwa pengguna dapat melakukan streaming audio CD lossless melalui Bluetooth.

Share
×
tekid
back to top