sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Feb 2022 15:53 WIB

Pasar tablet Tiongkok catat nilai tertinggi dalam 7 tahun, bahkan saat permintaan global turun

Menurut laporan dari International Data Corporation, pasar tablet di Tiongkok mengirimkan sebanyak 7,42 juta unit.

Pasar tablet Tiongkok catat nilai tertinggi dalam 7 tahun, bahkan saat permintaan global turun

Pasar tablet Tiongkok mengirimkan sekitar 7,42 juta unit pada Q4 2021, yang merupakan peningkatan tahun-ke-tahun (YoY) sebesar 20,9%, menurut laporan dari IDC. Dan untuk sepanjang tahun, pengiriman mencapai 28,46 juta unit – peningkatan YoY sebesar 21,8% yang merupakan tingkat pertumbuhan tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Ini terjadi bahkan ketika pengiriman tablet global turun 11,9% YoY karena permintaan yang melambat.

Dilansir dari Gizmochina (18/2), pasar tablet di Tiongkok mirip dengan pasar global dimana permintaan tablet untuk pembelajaran, kantor, dan hiburan akan ada untuk waktu yang lama karena pandemi. Namun, tidak seperti pasar tablet global di mana permintaan akhirnya turun setelah mencapai puncaknya, Tiongkok akan mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. Ini karena bahkan ketika pemain baru bermunculan di pasar tablet, perusahaan yang sudah ada akan melanjutkan dengan investasi yang meningkat.

Namun, ada beberapa tantangan di pasar komersial. Ketatnya anggaran dan pemilihan kembali pemerintah daerah di semua tingkatan menyebabkan pengadaan pemerintah dan pendidikan menyusut secara signifikan. Keterbatasan anggaran membuat pengadaan pendidikan terbatas pada peralatan seperti papan tulis elektronik dan kartu kelas elektronik. Akibatnya, penjualan tablet tampaknya akan lebih condong ke pasar konsumen.

Dalam hal pangsa pasar sistem operasi, kekurangan stok iPad Apple menyebabkan penurunan iOS di Q4 2021. Produsen dalam negeri Tiongkok, di sisi lain, mengalami kelegaan dalam masalah pasokan, akibatnya sedikit meningkatkan pangsa Android. Windows mengalami peningkatan serupa dengan peluncuran produk baru dari Huawei dan Microsoft.

Dalam hal pangsa pasar prosesor, chip yang dikembangkan sendiri oleh Apple terus mendominasi. tetapi Qualcomm-lah pemenang sesungguhnya di sini, mengalami peningkatan signifikan dalam pangsa global dan berada di urutan kedua pada akhir tahun 2021. Chip Huawei Hisilicon mempertahankan penguasaannya atas sebagian besar pasar, menentang tekanan berat dunia luar.

Secara keseluruhan, IDC mengharapkan pasar tablet Tiongkok untuk melanjutkan tren kenaikannya selama beberapa tahun ke depan, berkat peningkatan dalam layar dan teknologi ekosistem.

Share
×
tekid
back to top