sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 23 Mar 2022 17:41 WIB

Pasar ponsel premium tumbuh sangat cepat

Menurut angka dari Counterpoint Research, pasar ponsel premium global tumbuh lebih cepat dari pasar ponsel secara keseluruhan.

Pasar ponsel premium tumbuh sangat cepat
Ilustrasi: Pixabay

Beberapa tahun ini, terutama pada tahun 2021, pasar ponsel premium cukup menguntungkan bagi para produsen ponsel. Angka Counterpoint Research terbaru menunjukkan bahwa segmen tersebut tumbuh 24% tahun-ke-tahun (YoY) di tahun lalu untuk mencapai angka tertinggi baru, bahkan melampaui pertumbuhan 7% dari pasar ponsel secara keseluruhan. Ponsel premium menyumbang 27% dari penjualan ponsel global, yang sekali lagi merupakan rekor baru.

Semua ini didorong oleh sejumlah faktor seperti peningkatan ke segmen premium yang terjangkau di negara berkembang dan permintaan perangkat 5G di negara maju. Dilansir dari Gizmochina (23/3), perusahaan seperti Apple, OPPO, vivo, dan Xiaomi terus mengisi celah yang ditinggalkan Huawei, terutama di Tiongkok dan Eropa Barat.

Dari segi OEM, Apple terus memimpin pasar, menyentuh 60% pangsa pasar untuk pertama kalinya sejak 2017 yang didorong oleh penjualan iPhone 12 dan iPhone 13, yang mana menjadi seri ponsel 5G pertama perusahaan. Apple bahkan mencapai pangsa pasar tertinggi di Tiongkok pada Q4 2021.

Samsung mengalami pertumbuhan 6% dalam penjualan di segmen premium, tetapi kehilangan pangsa pasar. Seri Galaxy S21 berperforma lebih baik daripada seri S20 tetapi keuntungannya agak dipengaruhi oleh kurangnya seri Note baru, penyegaran seri FE, dan kekurangan komponen.

Namun, OPPO dan vivo yang mungkin mengalami keuntungan terbesar pada tahun 2021, masing-masing tumbuh 116% dan 103%, untuk menjadi bagian dari lima segmen premium di beberapa negara. OPPO telah berkembang pesat di Eropa sementara vivo menjaga beberapa angka tinggi yang dihasilkan oleh seri X60 dan X50 di Tiongkok dan Asia Tenggara.

Sementara itu Xiaomi tampil dalam daftar lima teratas untuk segmen premium di semua wilayah, dengan keuntungan yang didorong oleh seri Mi 11.

Share
×
tekid
back to top