Optic Marine resmikan kapal spesialis servis jaringan bawah laut

PT Optic Marine Indonesian meluncurkan kapal khusus perawatan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia.

PT Optic Marine Indonesian meluncurkan kapal khusus perawatan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia. Disebut CS Teneo yang memiliki panjang 81m dan panjang kabel yang membentang seluas 143m, kapal ini dilengkapi mesin diesel elektrik yang andal. Kapal ini diklaim mampu melakukan fungsi perawatan kabel bawah laut di perairan Indonesia secara lebih efisien.

Hadirnya kapal CS Teneo ini merupakan bagian dari komitmen PT Optic Marine Indonesia sebagai perusahaan tanah air untuk terus mendukung program pemerintah berupa investasi dalam pembangunan jaringan domestik. Terlebih lagi, Indonesia memiliki investasi infrastruktur yang kuat. Kesempatan besar inilah yang dimanfaatkan dan menjadikan bisnis PT Optic Marine indonesia semakin meningkat di Indonesia.


BACA JUGA

MIT punya cara untuk kurangi waktu buffering streaming video

Jutaan data fingerprint berpotensi diakses peretas

Kasus pencurian data pribadi mulai marak di internet


Kapal yang diperoleh dari perusahaan Amerika Serikat ini telah memiliki riwayat sejumlah 131 penyelesaian proyek perawatan dan perbaikan di Amerika dan Amerika Selatan. Kapal ini memiliki ukuran lebih kecil dan mampu mengangkut sejumlah 57 personel awak kapal dengan kecepatan 13 knots. 

Fungsi utama CS Teneo yakni untuk perawatan jaringan internet dan perbaikan kabel bawah laut yang ditunjukkan bagi keberlangsungan pembangunan infrastruktur maritim di Indonesia. Mengingat kondisi geografis di Indonesia dengan potensi gempa bumi, PT. Optic Marine Indonesia berupaya memberikan kontribusinya melakukan pemulihan layanan telekomunikasi secara efektif dan efisien melalui kapal CS Teneo.

“Kehadiran kapal CS Teneo ini dikhususkan untuk perawatan dan perbaikan di perairan Indonesia. Jarak perairan antar pulau di Indonesia yang cenderung pendek membutuhkan kapal yang lebih gesit agar lebih efisien dalam pemeliharaan maritimnya. Potensi gempa bumi di wilayah Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan kabel bawah laut yang berujung pada keberlangsungan layanan telekomunikasi di wilayah yang terkena dampak. CS Teneo akan membantu dalam merestrukturasi kerusakan tersebut sehingga keberlangsungan maritim di Indonesia masih dapat terjaga dengan baik," kata Isfan Fajar Satryo, Komisaris PT Optic Marine Indonesia.

Kapal CS Teneo mampu berlayar 60 hari sekaligus. Ini menunjukkan kelengkapan armada yang dimiliki Optic Marine dengan berbagai solusi mulai dari Mainlay CS Ile De Re, tug boat, cable barge dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kabel bawah laut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
internet