sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Senin, 28 Agst 2023 16:49 WIB

Internet lemot? Cek kecepatannya dengan cara ini

Cek kecepatan internet lebih baik dilakukan di luar jam sibuk, ketika perangkat tidak sedang mengunduh atau mengunggah dokumen apapun.

Internet lemot? Cek kecepatannya dengan cara ini
Source: Unsplash/Thomas Jensen

Kebanyakan orang yang tumbuh di era teknologi sangat bergantung pada konektivitas internet. Namun, ketika koneksi itu tiba-tiba menjadi tidak dapat diandalkan atau lemot karena alasan apa pun, hal ini dapat menyebabkan berbagai tingkat stres dan kekhawatiran.

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami situasi seperti ini adalah memeriksa kecepatan koneksi internet. Ada beberapa alasan mengapa perlu dilakukan tes kecepatan untuk konektivitas internet. 

Pertama, untuk membantu mengetahui apakah sambungan internet berfungsi dengan baik. Kedua, untuk memastikan bahwa kecepatan internet saat ini sesuai dengan yang didaftarkan dan dibayar. 

Hal yang harus diperhatikan sebelum cek kecepatan internet

Apapun alasannya, pastikan Anda sedang di luar jam sibuk ketika ingin menguji kecepatan internet agar mendapatkan hasil yang akurat. Pastikan juga tidak ada file atau media apapun yang sedang diunduh dan diunggah saat pengujian berlangwsung.

Tutup situs web atau aplikasi apa pun yang terkait dengan streaming audio dan video. Putuskan sambungan dan keluar dari klien VPN jika Anda menggunakannya. Serta, boot ulang perangkat yang akan digunakan untuk memeriksa kecepatan internet.

Terakhir, bersiaplah untuk menjalankan tes kecepatan yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari sehingga Anda memiliki lebih banyak informasi dalam mendiagnosis penyebab koneksi internet lambat Anda.

Cara cek kecepatan internet di komputer

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa kecepatan internet Anda saat ini menggunakan laptop atau komputer desktop: 

  1. Restart laptop atau komputer. 
  2. Periksa apakah ada aplikasi yang berjalan secara otomatis saat perangkat sudah hidup dan keluar dari aplikasi tersebut. Ini termasuk klien VPN, aplikasi streaming, platform pesan online, dan sejenisnya.
  3. Buka browser web, tutup semua tab yang terbuka, dan biarkan satu tab kosong tetap terbuka.
  4. Hapus cache browser.
  5. Akses situs web tes kecepatan online di tab browser web yang kosong. Berikut tiga situs yang bisa Anda coba:
  • Ookla - situs tes kecepatan internet terpopuler saat ini yang dapat Anda jalankan di berbagai perangkat.
  • Cloudflare - memiliki halaman hasil yang cukup komprehensif yang dipecah menjadi grafik dan menunjukkan skor kecepatan khusus untuk streaming video, game online, dan obrolan video.
  • Google - memberikan hasil langsung yang memberi tahu Anda tugas online apa yang dapat ditangani oleh koneksi internet Anda.

Setelah semua tes yang Anda jalankan selesai, catat setiap hasilnya dari halaman skor tes kecepatan, khususnya kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan hasil latensi setiap tes. Catat juga waktunya jika Anda ingin menjalankan lebih banyak tes di kemudian hari.

Share
×
tekid
back to top