MediaTek janjikan pengalaman gaming yang lebih baik di Helios P70

Meski ditujukan untuk smartphone mid-range, namun MediaTek menjanjikan fitur premium untuk hadir di Helios P70.

MediaTek janjikan pengalaman gaming yang lebih baik di Helios P70 Prosesor MediaTek (Digital Trends)

Kemampuan Artificial Intelligence (AI) di prosesor mobile kini sudah merupakan hal yang biasa. Berbagai perusahaan prosesor, termasuk MediaTek pun terus mendorong kemampuan AI dalam prosesor terbaru mereka.

Baru-baru ini, mereka pun unjuk gigi terhadap apa yang dapat mereka lakukan. Hal ini mereka lakukan dengan memperkenalkan prosesor terbaru mereka, Helio P70 yang akan menggantikan Helio P60.


BACA JUGA

Skor benchmark Kirin 810 kalahkan Snapdragon 710 dan saingi Exynos 9810

Perlahan tapi pasti, AMD kuasai pasar Asia

A13 Bionic bakal punya kemampuan multi-core yang lebih baik


Seperti pendahulunya, MediaTek mengincar produk smartphone kisaran mid-range untuk prosesor ini. Meski ditujukan untuk smartphone mid-range, namun mereka pun tetap menjejali Helio P70 dengan kemampuan prosesor premium.

Digital Trends (25/10) mencatat jika ada satu kemampuan yang paling menonjol. Perusahaan semikonduktor asal China tersebut telah meningkatkan kemampuan Artificial Intelligence Processing Unit (APU) yang bertipe dual-core itu.

Dalam presentasinya, mereka menjanjikan kinerja 30 persen lebih banyak daripada chip Helio lain yang dilengkapi APU. Tentu saja, ini merupakan sebuah loncatan yang cukup baik bagi mereka.

Mereka menggunakan unit AI ini untuk mengenali objek gambar di kamera. Kemampuan ini umumnya ada di smartphone premium. Prosesor ini juga akan memberikan dukungan terhadap penggunaan kamera ganda hingga 24MP dan 16MP, atau kamera lensa tunggal 32MP.

Soal kemampuan, mereka menggunakan empat inti Cortex A73 hingga 2,1GHz, dan empat Cortex A53 hingga 2,0GHz. Ada juga dukungan RAM dengan kecepatan tinggi dan maksimal 8GB.

Ada juga peningkatan efisiensi daya jika dibandingkan dengan prosesor-prosesor pendahulunya. Sayang, mereka tidak menjanjikan seberapa besar penghematan daya yang akan pengguna dapatkan.

Pengalaman gaming juga menjadi bagian penting bagi mereka. MediaTek telah menggunakan GPU MP3 Mali G72 di dalam Helio P70, dan menjanjikan latensi rendah dan kinerja permainan yang luar biasa.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui vendor mana saja yang akan menggunakan prosesor ini. Terlebih lagi, Helio P60 baru diluncurkan belum genap satu tahun. Belum banyak vendor yang menggunakan prosesor tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: