sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
Kamis, 11 Feb 2021 12:19 WIB

macOS Big Sur 11.2.1 atasi masalah baterai MacBook Pro

Apple luncurkan macOS Big Sur 11.2.1 untuk mengatasi masalah baterai yang terjadi pada MackBook Pro.

macOS Big Sur 11.2.1 atasi masalah baterai MacBook Pro

Belum lama ini Apple menawarkan program ganti baterai gratis untuk perangkat MacBook Pro yang memiliki masalah baterai dengan status "disarankan servis". Namun, perusahaan menyarankan untuk memperbarui ke macOS Big Sur 11.2.1 apabila status baterai menyatakan “normal.”

Untuk diketahui, macOS Big Sur 11.2.1 adalah versi terbaru dari macOS Big Sur 11.2 yang baru diluncurkan minggu lalu. Sistem operasi tersebut rupanya membawa beberapa masalah, termasuk model MacBook Pro 2016 dan 2017 yang gagal mengisi daya. Melalui Big Sur 11.2.1 yang baru saja dirilis, Apple memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Pembaruan kali ini tidak memberikan notifikasi kepada pengguna. Perusahaan juga tidak menjelaskan lebih lanjut tentang apa saja yang dibawa pembaruan itu. Tampaknya, pembaruan ini memang ditujukan hanya untuk memperbaiki perangkat yang bermasalah setelah meng-update Big Sur 11.2.

Untuk menemukan Big Sur 11.2.1, pengguna perlu membuka preferensi sistem dan memilih pembaruan perangkat lunak (update software). Kemudian, pembaruan dapat diunduh dan diinstal secara manual. Bagi pengguna yang mengaktifkan pembaruan otomatis, Big Sur 11.2.1 akan terinstal secara otomatis di sistem.

Sebagai tambahan, Apple juga merilis pembaruan macOS Catalina dan macOS Mojave, untuk menyelesaikan beberapa masalah keamanan. Perusahaan juga melakukan uji beta pada macOS Big Sur selanjutnya, yakni 11.3. Sayangnya, uji beta tersebut dikabarkan tidak berjalan mulus dan hampir melumpuhkan beberapa MacBook.

Big Sur 11.3 beta sudah tersedia untuk diunduh, tetapi beberapa pengguna melaporkan MacBook mereka mengalami masalah setelah memperbarui sistem. Beberapa lainnya mengaku perangkat mereka berhenti, ada juga yang menyatakan kalau pembaruan telah merusak penyimpanan MacBook.

Sebagai catatan, pembaruan ini dapat menghilangkan seluruh data pengguna. Tidak hanya itu, pembaruan juga akan merusak hard disk dan membuat perangkat tidak dapat dioperasikan. Hal serupa juga terjadi pada Big Sur 11.2. Mungkin akan mudah bagi pengguna untuk memulihkan data apabila mempunyai dua Mac. Namun, jika mereka mengaktifkan enkripsi FileVault, pemulihan data akan sangat sulit dilakukan. Hingga saat ini, Apple belum menanggapi terkait bug pada macOS Big Sur 11.3.

Share
×
tekid
back to top