sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
Kamis, 06 Agst 2020 11:34 WIB

Kalahkan Huawei, Xiaomi jadi vendor terbesar ke-3 di Eropa

Setelah mendulang kesuksesan pada Q1 2020, upaya Xiaomi untuk mendapatkan lebih banyak tempat di Eropa telah terbayar.

Kalahkan Huawei, Xiaomi jadi vendor terbesar ke-3 di Eropa
Source: Gizmochina

Counterpoint Research baru-baru ini merilis laporan pasar ponsel area Eropa untuk kuartal pertama (Q1) 2020, yang menunjukkan bahwa Xiaomi mencapai pertumbuhan tahun-ke-tahun (YoY) yang sangat besar dengan pertumbuhan 145%. Firma riset Canalys juga merilis laporan pengiriman ponsel untuk kuartal kedua tahun ini.

Setelah mendulang kesuksesan pada Q1 2020, upaya Xiaomi untuk mendapatkan lebih banyak tempat di Eropa telah terbayar karena laporan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan itu mengalahkan sesama pabrikan asal Tiongkok Huawei untuk menempati peringkat sebagai vendor ponsel terbesar ketiga di seluruh Eropa pada kuartal kedua tahun 2020.

Dilansir dari Gizmochina (6/8), data tersebut juga mengungkapkan bahwa Samsung melanjutkan kepemimpinannya di pasar Eropa pada kuartal kedua dengan pangsa pasar 30%. Kepemimpinan perusahaan ini terus menyusut dengan penurunan 31% YoY dalam hal pangsa pasarnya.

Apple menempati posisi kedua dengan pangsa pasar per kuartal 21% mewakili pertumbuhan tahunan 42%. Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 17%, peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 65%. Data ini menunjukkan bahwa merek tersebut terus bertengger di tempat pertama di Spanyol dalam hal pangsa pasar.

Perlu diketahui pula bahwa Xiaomi dan Apple adalah satu-satunya pabrikan di Eropa yang telah meningkatkan pangsa pasar mereka di kuartal kedua. Di antara mereka, Apple meningkat sebesar 42% dan Xiaomi meningkat sebesar 65%, dengan pangsa pasar masing-masing 21% dan 17%.

Huawei, karena beberapa alasan penting, mengalami penurunan pengiriman di Eropa sebesar 17%, turun satu peringkat dari tempatnya semula. Meskipun hadir sebagai vendor ponsel terbesar keempat di Eropa, Huawei masih menjadi vendor terbesar di pasar ponsel global, mengalahkan Samsung hingga puncaknya pada kuartal kedua tahun 2020. Samsung berada di peringkat kedua sementara Apple menempati posisi ketiga dengan peningkatan pengiriman, berkat iPhone SE 2020. Xiaomi dan Oppo masing-masing menempati peringkat keempat dan kelima dalam pengiriman global.

Share
×
img
×
tekid
back to top