sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 16 Jun 2020 14:21 WIB

Intel segera punya perlindungan malware di dalam prosesor

Teknologi bernama Intel Control-Flow Enforcement Technology (Intel CET) yang akan hadir di prosesor mulai dari keluarga Tiger Lake.

Intel segera punya perlindungan malware di dalam prosesor
Prosesor Intel

Intel saat ini sedang bersiap meluncurkan produk keamanan baru di jajaran prosesor mereka. Fitur keamanan ini dikabarkan untuk melindungi peluang pembajakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Mereka menyebut teknologi ini sebagai Intel Control-Flow Enforcement Technology (Intel CET). Fitur keamanan ini dirancang untuk perlindungan terhadap penyalahgunaan kode yang sah melalui serangan pembajakan.

Teknik ini banyak digunakan oleh malware, dan ini merupakan tantangan besar untuk mengurangi masalah serangan tersebut hanya dengan perangkat lunak saja. Intel CET akan menawarkan kemampuan keamanan tingkat CPU untuk prosesor generasi terbaru, seperti Intel Tiger Lake dan selanjutnya.

Intel CET juga menawarkan para pengembang perangkat lunak dua cara utama untuk membantu bertahan melawan malware pembajakan, yakni indirect branch tracking dan juga shadow stack. Indirect branch tracking akan memberikan perlindungan cabang tidak langsung untuk bertahan melawan metode serangan JOP. Sementara shadow stack memberikan perlindungan alamat kembali untuk membantu mempertahankan terhadap metode serangan ROP, seperti lapor Engadget (16/6).

Intel mengatakan produk ini akan tersedia di platform desktop dan server di masa mendatang, tetapi sudah bekerja dengan Microsoft untuk mengintegrasikannya dengan Windows 10.

Microsoft pun mengatakan siap untuk meluncurkan software yang dikembangkan oleh Intel CET yang akan bernama Hardware Stack Protection secara utuh saat prosesor Tiger Lake meluncur. Namun mereka akan membagikan preview-nya di Windows 10 Insider Previews hari ini.

Share
×
tekid
back to top