sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 04 Agst 2022 13:34 WIB

Indonesia jadi negara kedua dengan penggunaan smartphone tertinggi

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penggunaan perangkat seluler rata-rata lebih dari empat jam per hari.

Indonesia jadi negara kedua dengan penggunaan smartphone tertinggi

Dalam beberapa laporan, disebutkan bahwa pengapalan smartphone global menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tapi, meski pengapalan perangkat baru sedikit terhambat, lain cerita dengan jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia.

Sebuah riset mengungkapan bahwa penggunaan smartphone dalam kegiatan sehari-hari secara global masih tinggi. Laporan tersebut mengungkap, penggunaan ponsel pintar untuk Amerika Serikat, Indonesia, dan beberapa negara lain masih terus naik pada kuartal kedua 2022. 

Berdasarkan informasi TechCrunch, sebagaimana dikutip dari 9to5Mac (4/8), riset mengenai penggunaan ponsel pintar ini diterbitkan oleh perusahaan intelijen aplikasi bernama ‘data.ai’. Penelitian ini menemukan setidaknya ada 13 negara yang menggunakan ponsel lebih dari empat jam per harinya.

Beberapa negara ini meliputi Amerika Serikat, Indonesia, Singapura, Brasil, Meksiko, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Rusia, Turki, dan Inggris. Riset tersebut memperlihatkan, pengguna iPhone dan Android di beberapa negara tersebut menghabiskan lebih dari empat jam per hari untuk menggunakan aplikasi.

Lebih lanjut, dari tiga dari ketiga belas negara ini disebut masih menghabiskan lebih dari lima jam per hari untuk mengakses media sosial dan aplikasi lain di perangkat seluler mereka. Ketiga negara ini yaitu Indonesia, Singapura dan Brasil. 

Sejauh ini, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Sementara itu, platform media sosial Instagram menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada kuartal kedua 2022. 

Kendati demikian, riset ini menunjukkan jika masyarakat di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang lebih lambat. Data tersebut memperlihatkan negara ini telah memperlambat penggunaan smartphone hingga 10 persen daripada kuartal sebelumnya dengan penggunaan lebih dari delapan jam per hari. 

Studi ini juga menunjukkan aplikasi dan game dengan peringkat teratas untuk kuartal kedua tahun 2022. Instagram, Facebook, TikTok, dan WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. Sementara itu, TikTok, YouTube, Tinder, dan Disney+ menjadi aplikasi yang paling banyak dikonsumsi. 
 

Share
×
tekid
back to top