sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 26 Jan 2022 12:30 WIB

GM dan LG bangun pabrik baterai Ultium ketiga untuk mobil listrik

Perusahaan patungan antara GM dan LG, Ultium Cells diharapkan untuk menciptakan ribuan pekerjaan manufaktur di pabrik.

GM dan LG bangun pabrik baterai Ultium ketiga untuk mobil listrik

GM dan LG dikabarkan sedang membangun pabrik Ultium ketiga di Amerika Serikat. Pabrik senilai USD2,6 miliar di Lansing, Michigan, tersebut akan memproduksi baterai untuk kendaraan listrik GM.

Ultium Cells, perusahaan patungan dari kedua perusahaan itu diharapkan dapat menciptakan 1.700 pekerjaan yang diproyeksikan akan dibuka pada akhir 2024. Pabrik ini diharapkan dapat menghasilkan kapasitas sel baterai 50 gigawatt jam, dan itu akan mampu beradaptasi dengan kemajuan material dan teknologi. Saat ini, pengembangan sedang berlangsung di situs manufaktur baterai Ultium lainnya, di Tennessee dan Ohio.

Dilansir dari Engadget (26/1), sel Ultium dapat ditumpuk secara vertikal atau horizontal di dalam kemasan baterai, yang memungkinkan GM untuk menyesuaikan tata letak untuk setiap desain kendaraan. Pilihan energi berkisar antara 50 kWh dan 200 kWh.

GM mengatakan sistem Ultium dapat memberikan jangkauan 724 km atau lebih dengan sekali pengisian daya. Sistem ini juga membuat kendaraan berakselerasi dari 0 hingga 100 kmh dalam 3 detik. Perusahaan juga sedang merancang kendaraan listrik bertenaga Ultium dengan mempertimbangkan pengisian cepat. Kebanyakan dari mereka akan memiliki paket baterai 400 volt dan pengisian cepat hingga 200 kW. Sementara itu, truk listrik akan memiliki paket baterai 800 volt dengan pengisian 350 kW.

Pabrik Ultium merupakan bagian dari investasi baru senilai USD7 miliar oleh GM di empat lokasi Michigan. Pabrikan mobil itu menghabiskan USD4 miliar untuk mengubah pabrik di Orion Township, yang akan menjadi lokasi manufaktur AS kedua untuk mobil listrik Chevrolet Silverado dan GMC Sierra.

Pekerjaan konversi sedang berlangsung, dan GM mengharapkan untuk mulai membuat truk listrik di pabrik itu pada tahun 2024. Ini diharapkan untuk mempertahankan sekitar 1.000 pekerjaan saat ini dan menambah lebih dari 2.350 lainnya. Produksi mobil listrik Chevrolet Bolt akan terus berlanjut selama masa transisi. Perusahaan memproyeksikan bahwa mereka akan mengubah setengah dari kapasitas perakitan Amerika Utara menjadi produksi mobil listrik pada tahun 2030.

GM bertujuan untuk membuat lebih dari satu juta mobil listrik di AS pada akhir 2025. Pengumuman investasi hari ini merupakan kabar yang cukup baik. Perusahaan juga menghabiskan lebih dari USD510 juta untuk meningkatkan produksi di dua lokasi di area Lansing, salah satunya membangun Chevrolet Traverse dan Buick Enclave generasi berikutnya.

Share
×
tekid
back to top