sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Rabu, 28 Okt 2020 11:26 WIB

EMUI 11 diprediksi menjadi antarmuka terakhir Huawei

EMUI 11 diprediksi akan menjadi antarmuka terakhir besutan Huawei yang menggunakan Android sebagai basisnya.

EMUI 11 diprediksi menjadi antarmuka terakhir Huawei

Antar muka Huawei saat ini, yakni EMUI 11 diprediksi akan menjadi antarmuka Android terakhir yang dimiliki Huawei. Perusahaan asal Tiongkok ini sedang mengembangkan HarmonyOS untuk dapat digunakan di perangkat mobile buatannya. Temuan terbaru menyebut kalau sistem operasi ini berhubungan dengan EMUI 11. 

Temuan itu mengindikasikan kalau EMUI 11 menjadi antarmuka terakhir Huawei dengan basis Android, sebelum penggunanya beralih ke HarmonyOS atau dikenal juga dengan HongMengOS di negara asalnya. 

Wang Chenglu, kepala pengembangan software Huawei CBG mengungkapkan bahwa EMUI 11 memiliki beberapa fitur yang menjadi bagian dari framework HongMeng. Dengan kata lain, akan ada sebagian transisi yang dilakukan untuk beralih ke sistem operasi ini. 

Hal ini tidak mengherankan. Pasalnya sebelum ini Huawei juga sudah mengumumkan bahwa pengguna EMUI 11 akan bisa segera beralih ke HarmonyOS. Namun kala itu, Huawei tidak menyebutkan alasan pasti dibalik keputusan tersebut. 

Dilansir dari Gizmochina (28/10), Huawei sendiri rencananya akan meluncurkan ponsel dengan HarmonyOS pada paruh kedua tahun depan. Ketika sudah muncul, EMUI diprediksi tidak akan lagi tersedia bagi pengguna Huawei. 

Huawei juga memastikan uji coba HarmonyOS akan segera tiba akhir tahun ini. Uji coba ini akan melibatkan perangkat tablet Huawei. Baru kemudian secara bertahap sistem operasi ini akan diberikan di smartphone

Ini akan menjadi langkah besar bagi Huawei untuk meninggalkan ketergantungannya pada Android. Bahkan Huawei sudah meluncurkan program OpenHarmony bagi para developer. Dalam program ini, Huawei membuka SDK HarmonyOS untuk dapat dikembangkan oleh pihak ketiga. Strategi ini mirip dengan strategi yang dilakukan Google pada Android. 

Untuk diketahui, salah satu keunggulan yang ditawarkan HarmonyOS adalah kemampuannya untuk berjalan lintas perangkat. Artinya, UI sistem operasi ini dapat menyesuaikan diri tergantung pada perangkat d mana sistem operasi ini dijalankan, misalnya smartphone, tablet, smart TV atau perangkat wearable.
 

Share
×
tekid
back to top