Cellebrite berhasil temukan cara untuk akses semua perangkat iOS

Pihak Cellebrite mengatakan, mereka berhasil menemukan cara mengakses semua perangkat iOS melalui lubang keamanan lama yang sudah ada di iOS.

Cellebrite berhasil temukan cara untuk akses semua perangkat iOS Ilustrasi Hacker (pexels)

Apple selama ini selalu mengatakan bahwa semua perangkat mereka, mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone memiliki keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan perangkat lain.

Hal ini dikarenakan sistem operasi mereka, baik Mac OS dan iOS memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Hal ini berlaku setidaknya sebelum sebuah perusahaan keamanan seluler berhasil memecahkan kode iPhone milik Apple.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple iOS 13 mengirimkan beberapa data ke Tencent

Analis perkirakan iPhone SE 2 akan dibanderol USD399 (Rp5,6 jutaan)

Modem 5G Apple akan hadir pada 2022


Berhasilnya diretasnya kode keamanan iPhone ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses ke konten perangkat tanpa memerlukan kode sandi atau autentikasi biometrik dari pemilik perangkat.

Ini telah menjadi semacam situasi yang aneh antara perusahaan yang diketahui bernama Cellebrite dan Apple. Hal ini dikarenakan Apple seharusnya sudah menambal lubang keamanan yang sebelumnya memungkinkan sistem Cellebrite untuk mengakses perangkat mereka.

Menurut Cellebrite, mereka mengklaim telah melakukan perbaikan pada sistemnya di mana mereka sekarang dapat melakukan ekstraksi sistem file lengkap pada perangkat iOS apapun, seperti lapor Ubergizmo (18/6/2019). Ini berarti Apple belum melakukan penambalan sistem mereka.

Hal ini berarti, setiap iPhone atau iPad, lama atau baru, tidak lagi aman dari sistem Cellebrite. Ini juga berarti bahwa lembaga penegak hukum yang menggunakan produk Cellebrite akan dapat dengan mudah mengekstrak informasi dari perangkat iOS milik tersangka tanpa memerlukan persetujuan eksplisit dari Apple.

Sayang hingga saat ini pihak Apple belum menanggapi klaim Cellebrite. Sampai saat ini ada beberapa lembaga pemerintahan yang menggunakan produk Cellebrite. Perusahaan itu sebelumnya berpendapat bahwa penggunaan produk mereka untuk membuka kunci iPhone adalah untuk "keselamatan publik".

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: