sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Kamis, 12 Mar 2020 05:39 WIB

Cegah penularan corona, RS di Tiongkok manfaatkan robot

Teknologi robot tersebut sedang digunakan di 10 provinsi di rumah sakit Tiongkok, dan yang lainnya dilaporkan berencana untuk menerapkan teknologi yang sama.

Cegah penularan corona, RS di Tiongkok manfaatkan robot
Source: Orbbec via Digital trends

Karena wabah virus Corona atau COVID-19 terus menyebar, rumah sakit di Tiongkok telah mengandalkan trio robot untuk membantu menghentikan penyebaran virus tersebut. Robot-robot itu dikerahkan untuk fungsi pengiriman makanan, sanitasi, dan penunjuk arah yang dapat membantu orang menghindari kontak fisik terhadap manusia.

Robot itu dikembangkan oleh kolaborasi internasional antara beberapa perusahaan, termasuk Orbbec yang berbasis di Amerika Serikat. Dilansir dari Digital Trends (12/3), perusahaan ini juga memproduksi sensor kamera 3D. Teknologi robot tersebut sedang digunakan di 10 provinsi di rumah sakit Tiongkok, dan yang lainnya dilaporkan berencana untuk menerapkan teknologi yang sama.

Robot pengiriman makanan bertanggung jawab untuk mengantarkan makanan kepada pasien, selain pasokan medis dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Dengan demikian, ini membantu menghindari infeksi silang, dan juga mengurangi beban kerja untuk staf medis. Sementara itu, robot sanitasi membantu membersihkan rumah sakit, sehingga menghentikan interaksi dengan kuman yang tidak diinginkan. Robot terakhir adalah robot pemandu, ini berfungsi untuk mengarahkan pasien antar departemen rumah sakit yang berbeda.

“Terlalu dini untuk mengatakan manfaat penuh dari robot yang bertindak sebagai perantara dalam pengaturan perawatan kesehatan yang menular. Tapi kami tahu itu membantu dalam beberapa cara kritis. Pertama, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi bahaya penularan adalah dengan membatasi kontak dengan orang lain. Robot-robot ini adalah pelopor dalam mengirimkan pasokan vital dan makanan kepada orang-orang yang telah terinfeksi,” kata Co-Founder Orbbec, David Chen.

Share
back to top