sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Kamis, 28 Jan 2021 13:13 WIB

Canon MREAL S1, perangkat virtual Rp500 jutaan

MREAL S1 adalah perangkat layar yang dapat dipasang di kepala (head-mounted display/HMD) dengan video tembus pandang dan bekerja dengan menggunakan dua sensor CMOS.

Canon MREAL S1, perangkat virtual Rp500 jutaan
Source: PetaPixel

Pada akhir bulan Februari tahun ini, Canon diinformasikan akan merilis headset bernama MREAL S1. Perangkat ini dapat memadukan dan menampilkan gambar grafik komputer (CG), serta menempatkannya di lokasi kehidupan nyata pengguna untuk menciptakan pengalaman mixed/augmented reality.

MREAL S1 adalah perangkat layar yang dapat dipasang di kepala (head-mounted display/HMD) dengan video tembus pandang dan bekerja dengan menggunakan dua sensor CMOS untuk “melihat” dunia nyata. Hal ini memungkinkan  perangkat ini dapat dengan tepat membuat objek virtual ke dalam ruang 3D serta memproyeksikan kombinasi tersebut ke pengguna.

Dalam video promosinya, Canon menunjukkan contoh kasus penggunaan di mana seseorang memakai HMD untuk berinteraksi dengan kendaraan konsep dan melihatnya seolah-olah itu benar-benar ada. Dilansir dari PetaPixel (28/1), MREAL S1 dapat mengambil model 3D atau render CG, lalu mengukurnya dengan benar serta menempatkannya di ruang 3D sehingga dapat dilihat dari semua sudut.

Meskipun jelas objek tidak dapat dirasakan, pengguna masih dapat berinteraksi dengan objek tersebut. Contoh lain yang dipamerkan adalah menampilkan bagian-bagian objek yang dapat ditempatkan secara virtual, tetapi berdampingan dengan objek yang benar-benar ada.

Antarmuka “mixed reality” ini akan berfungsi dengan baik untuk memvisualkan konstruksi baru dengan lebih baik, mengisi ruang kontrol untuk melihat penempatan furnitur, atau memungkinkan pabrik untuk melihat bagaimana jalur produksi baru akan diatur dan mengalami kemampuan kerja serta aliran jalur tersebut.

Secara teoritis, dengan kemampuan konfirmasi objek CG skala penuh dengan referensi langsung ke dunia nyata, MREAL S1 akan mengurangi biaya dengan meningkatkan efisiensi komunikasi dan mengurangi jumlah uji coba yang diperluan untuk mencapai desain yang sudah diselesaikan. Dibanderol dengan harga USD38.400 (Rp542 juta), Canon MREAL S1 menyasar kepada kebutuhan industri.

Share
×
tekid
back to top