sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Senin, 22 Mar 2021 09:55 WIB

Canon akan gunakan touchpad di lensa untuk atur fokus

Ketimbang memutar cincin di bagian luar lensa untuk fokus, desainer Canon tampaknya berpikir bahwa rotasi ringan ibu jari pengguna pada touchpad akan lebih cepat.

Canon akan gunakan touchpad di lensa untuk atur fokus
Source: PetaPixel

Canon merupakan salah satu perusahaan elektronik yang gemar menghadirkan paten demi produk yang lebih baik. Baru-baru ini perusahaan asal Jepang tersebut mematenkan sebuah lensa lepas/tukar (interchangeable) dengan kelengkapan touchpad yang melingkar di sisinya.

Dalam uraian paten, Canon mengatakan tujuan desain tersebut adalah untuk menyediakan lensa yang memiliki pengoperasian “sangat praktis”. Sehingga menurut mereka dapat dicapai melalui rancangan dengan unit kontrol yang dioperasikan dengan sentuhan.

Panel sentuh (touchpad) ini berbentuk bulat dan dapat mendeteksi operasi sentuh yang dilakukan searah jarum jam atau sebaliknya. Jadi seolah-olah pengaturan ini menggulir maju dan mundur. Dilansir dari PetaPixel (22/3), touchpad tersebut secara teori tampaknya menggantikan cicin fokus pada lensa. Dengan demikian, penggunaannya cukup digeser menggunakan ibu jari dan telunjuk dengan berbagai kecepatan.

Ketimbang memutar cincin di bagian luar lensa untuk fokus, desainer Canon tampaknya berpikir bahwa rotasi ringan ibu jari pengguna pada touchpad akan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih intuitif. Meski demikian, klaim ini masih harus dibuktikan secara langsung.

Upaya yang pernah diterapkan Canon pada perangkat dengan basis sentuh tidak diterima dengan baik. Touch Bar pada Canon EOS R secara teori tampaknya merupakan ide yang bagus. Namun ternyata implementasi fitur panel tersebut tidak terlalu baik. Dalam ulasannya tentang EOS R, Imaging Resource menulis bahwa dalam praktiknya, Touch Bar Canon agak lebih merepotkan ketimbang praktis.

Agar dapat menghindari respons semacam ini, Canon harus memastikan bahwa touchpad yang digunakan di lensa harus benar-benar membuat penggunaan optik menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih baik. Beberapa fotografer secara aktif akan mengeluh tentang beberapa lensa saat melakukan fokus. Jadi mungkin saja inovasi lensa panel sentuh Canon akan diterima untuk mencari solusi masalah yang ada.

Share
×
tekid
back to top