Berkat 5G, iPhone bakal makin murah

Ketika 5G hadir mendukung ponsel besutan Apple, harga iPhone yang dirilis sebelumnya akan turun dan jadi lebih murah.

Berkat 5G, iPhone bakal makin murah (Foto: The Verge)

Sudah bukan rahasia jika semua vendor menyiapkan diri menghadirkan smartphone yang mendukung jaringan 5G. Tak ketinggalan, Apple juga akan menjadi salah satu vendor di antara perusahaan smartphone lainnya. Vendor Android sendiri sesumbar akan menghadirkan smartphone 5G di tahun depan. 

Sumber dari rantai pasokan iPhone di Taiwan menyebutkan smartphone 5G dari Samsung , Huawei, Xiaomi, Oppo dan Vivo bisa dirilis pada 2019 nanti, meskipun jaringan 5G belum disediakan. Namun bagaimana dengan Apple? Sejauh ini, raksasa teknologi itu belum mengumbar rencananya untuk iPhone 5G di 2019.


BACA JUGA

Fitur ECG Apple Watch bikin panik pengguna

iPhone terbaru di Indonesia paling murah Rp15 jutaan

Fitur Connect sudah tak ada di Apple Music


Dilansir Phone Arena, Senin (10/8), beberapa sumber percaya bahwa iPhone dengan dukungan 4G/5G akan hadir di 2019. Namun sebagaimana biasanya, Apple akan menurunkan harga iPhone generasi sebelumnya. Begitu pula ketika 5G hadir mendukung ponsel besutan Apple, harga iPhone yang dirilis sebelumnya akan menurun.

Sumber yang diwawancarai Phone Arena meyakini iPhone dengan dukungan 5G akan dibanderol seharga USD1.299 atau sekitar Rp19,7 juta. Alternatif lainnya yaitu Apple akan menghadirkan iPhone 5G entry-level pada 2019 dengan kisaran harga USD899-USD999 (Rp13,6 juta - Rp15 juta). Hal ini tentunya akan mempengaruhi penjualan iPhone model 2018 yang masih tersedia.

Banderol tinggi untuk iPhone baru memang bukan lagi hal yang mengejutkan. Untuk iPhone 5G sendiri diharapkan memiliki desain yang revolusioner, dengan menambahkan kemampuan pemindai 3D ke kamera belakang iPhone. Namun jika Apple menunda iPhone 5G dan hanya menghadirkan dukungan 4G di 2019, maka perubahan desain iPhone juga kemungkinan akan tertunda hingga 2020.

Bagi vendor Android sendiri kemungkinan akan lebih mudah menghadirkan smartphone 5G karena menggunakan chipset Snapdragon yang sudah jauh-jauh hari menyiapkan produknya. Sementara Apple menggunakan chipset rancangan sendiri. Oleh karenanya wajar untuk mengatakan bahwa Apple membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan iPhone 5G. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: