E3 2019

Asus perkenalkan layar dengan Display Stream Compression pertama

Selain mendukung teknologi Display Stream Compression, layar ROG baru Asus ini juga mendukung teknologi AMD Radeon FreeSync 2 HDR.

Asus perkenalkan layar dengan Display Stream Compression pertama Asus ROG dengan teknologi DSC Pertama

Microsoft Xbox, AMD, dan beberapa vendor hardware lain sudah memberikan kejutan di ajang E3 2019. Namun ternyata, Asus juga memiliki beberapa kejutan terkait dengan produk gaming mereka di acara yang sama.

Salah satunya adalah dengan meluncurkan sebuah monitor gaming berteknologi Display Stream Compression pertama di dunia. Teknologi ini merupakan sebuah inovasi terbaru di bidang teknologi industri display gaming.


BACA JUGA

Laptop Asus yang bisa bertahan 24 jam resmi masuk ke Indonesia

Luncurkan VivoBook Ultra A412, Asus targetkan muda mudi untuk ekspresikan diri

ROG 2 bakal luncur 23 Juli di Cina


Teknologi ini menjadi standar kompresi baru untuk mengangkut aliran video definisi ultra-tinggi melintasi satu antarmuka pada tingkat kecepatan tinggi tanpa kehilangan kualitas visual yang terlihat oleh para penggunanya.

Dengan teknologi DSC, monitor ROG yang baru dapat menampilkan visual yang sangat rinci dan halus pada resolusi asli 4K dengan kecepatan refresh rate 144Hz melalui koneksi DisplayPort 1.4 tunggal tanpa kroma subsampling, yang dapat secara negatif mempengaruhi gambaran visual.

Sebelumnya, untuk mencapai tingkat ini kinerja monitor gaming memerlukan dua koneksi DisplayPort untuk mentransfer sinyal video dari PC, yang juga sering memerlukan konfigurasi driver yang kompleks dan mencegah tampilan konten HDR dan kecepatan refresh variabel saat bermain game.

Monitor ROG yang baru akan menghilangkan masalah ini, mendukung HDR, dan kecepatan refresh variabel melalui satu koneksi DisplayPort 1.4 saja.
 
Selain itu, monitor ROG yang baru juga akan menawarkan pengalaman layar besar 43 inci yang mendalam tanpa mengorbankan kecepatan refresh yang sangat cepat dan variabel yang biasanya hanya ditemukan di panel yang lebih kecil.

Tak ketinggalan, terdapat juga dukungan AMD Radeon FreeSync 2 HDR, sebuah teknologi yang akan menyinkronkan output monitor ke frame rate GPU untuk permainan yang lancar dan bebas gangguan. Hal ini juga akan mengurangi lag input yang memberikan keuntungan besar bagi gamer yang bermain kompetitif dalam pertempuran yang sensitif terhadap waktu respon.

Dukungan untuk HDR juga memperluas rentang kontras dan menawarkan warna hitam yang lebih dalam dan putih cerah untuk gambar yang lebih kaya dengan kedalaman lebih dari SDR biasa.

Monitor ROG baru ini juga memenuhi spesifikasi VESA Display HDR 1000 dengan pemrosesan gambar 10-bit dan pencahayaan puncak 1000 cd/m². Monitor ini juga sudah memenuhi persyaratan kinerja tingkat hitam standar VESA, dan cakupan 90% dari gamut DCI-P3 mengkuantifikasi keuntungan keluaran warna tampilan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: