Asus bawa TUF ke lini monitor

Meski menggunakan panel VA, pihak Asus menegaskan bahwa monitor TUF Gaming VG32VQ akan memiliki kemampuan setara TN.

Asus bawa TUF ke lini monitor TUF Gaming VG32VQ

Setelah meluncurkan berbagai monitor gaming di bawah lini ROG, Asus kembali meluncurkan lini monitor gaming terbaru mereka. Kali ini, mereka membawa lini TUF untuk menghadirkan monitor untuk gamer, namun dengan harga yang lebih menawan.

Adalah TUF Gaming VG32VQ, monitor yang baru saja diperkenalkan pada ajang ROG Convention 2019 beberapa waktu lalu. Monitor ini akan mengusung panel VA yang berukuran sebesar 32 inci.


BACA JUGA

Laptop Asus yang bisa bertahan 24 jam resmi masuk ke Indonesia

Luncurkan VivoBook Ultra A412, Asus targetkan muda mudi untuk ekspresikan diri

ROG 2 bakal luncur 23 Juli di Cina


Resolusinya pun sudah mencapai QHD 2560x1440p. Tak ketinggalan, fitur kekinian seperti HDR sport dan refresh rate sebesar 144Hz untuk gamer kompetitif pun tak luput disematkan oleh Asus.

Oh iya, bagi kalian yang belum familiar dengan panel VA, panel tersebut menawarkan rasio kontras tinggi dan akurasi warna yang baik, tetapi memiliki respon time yang lebih kecil ketimbang monitor berbasis TN. 

Untuk mengakali hal tersebut, Asus menyematkan teknologi Extreme Low Motion Blur Sync (ELMB-SYNC) pada TUF VG32VQ. Selain itu, panel ini juga menjanjikan respon time yang sangat rendah.

Pengurangan motion blur ini bekerja dengan menyalakan lampu latar di antara refresh rate. Teknologi ini juga meningkatkan kecerahan tampilan untuk membantu mengkompensasi pencahayaan yang berkurang.

Sedangkan di sisi lain, teknologi motion blur konvensional menghasilkan artefak gambar ketika laju bingkai kartu grafis tidak disinkronkan dengan refresh rate monitor. 

Selain menyematkan teknologi tersebut, Asus juga telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan reduksi motion blur untuk bekerja bersama-sama dengan kecepatan refresh variabel Adaptive-Sync. Hasilnya, mereka menciptakan teknik bernama ELMB- Sync.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: