sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 04 Agst 2022 08:31 WIB

Apple dan Samsung mengalami pertumbuhan di Eropa

Meski secara keseluruhan mengalami penurunan, perusahaan seperti Apple dan Samsung alami pertumbuhan di pasar Eropa.

Apple dan Samsung mengalami pertumbuhan di Eropa
Source: Counterpoint via Gizmochina

Baru-baru ini ada laporan bahwa pasar ponsel global mengalami penurunan pada tahun ini. Namun, penurunan ini masih lebih sedikit dibandingkan dengan kawasan Eropa, yang mengalami penurunan lebih besar. Meski demikian, penurunan yang terjadi tidak berdampak pada semua brand, karena Samsung dan Apple masih berhasil mengalami pertumbuhan.

Sebagai informasi, pasar ponsel global turun sekitar 3%. Namun, menurut laporan Counterpoint Research, pasar ponsel Eropa mengalami penurunan substansial sebesar 11% pada kuartal kedua dan penurunan 13% pada kuartal pertama tahun ini. Selama bulan-bulan antara April dan Juni, wilayah tersebut hanya menyaksikan 40 juta pengiriman ponsel.

Sementara pandemi Covid-19 masih menjadi faktor yang mempengaruhi penurunan pasar ponsel, tetapi pengaruh besar lainnya yang tidak diragukan lagi adalah invasi Rusia ke Ukraina. Pada saat yang sama, ketakutan akan resesi juga menguasai keadaan pasar, dengan banyak negara berkontribusi terhadap penurunan permintaan karena perangkat ponsel diluncurkan dengan harga yang lebih tinggi. Dilansir dari Gizmochina (4/8), terlepas dari itu semua, Apple dan Samsung masih berhasil menampilkan tren positif di kuartal kedua 2022.

Namun, kedua perusahaan tersebut menjual lebih sedikit ponsel di Eropa pada Q2 2022 dibandingkan dengan Q1 2022. Posisi setelah Apple dan Samsung adalah Xiaomi. Perusahaan ini berhasil mengalami pertumbuhan juga selama periode ini. Meski demikian, hal yang sama tidak terjadi pada OPPO dan realme yang masing-masing menempati posisi keempat dan kelima. Kedua perusahaan Tiongkok tersebut juga mengalami penurunan yang serupa di kawasan Eropa secara keseluruhan.

Share
×
tekid
back to top