AMD persiapkan Zen 4, pakai teknologi fabrikasi 5nm

Sayangnya, hingga saat ini pihak AMD masih belum mengkonfirmasi kehadiran arsitektur Zen 4, masih fokus dengan peluncuran Zen 2.

AMD persiapkan Zen 4, pakai teknologi fabrikasi 5nm Ryzen (AMD)

AMD dalam waktu dekat ini akan meluncurkan prosesor generasi terbaru mereka, yakni Ryzen seri 3000. Prosesor ini akan menggunakan arsitektur Zen 2, yang akan menggunakan teknologi fabrikasi 7nm.

Meski belum resmi diluncurkan, ternyata AMD juga memiliki proyek lain. Saat ini, mereka tidak hanya sedang mengembangkan arsitektur Zen 3 yang menggunakan fabrikasi 7nm+. Namun, mereka juga tengah mengembangkan arsitektur Zen 4.


BACA JUGA

IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor

AMD sesumbar CPU terbaru mereka tidak akan terserang ZombieLoad

Bocoran spesifikasi Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G


Seperti yang Anda duga, prosesor ini akan didasarkan pada teknologi fabrikasi 5nm. TSMC, yang merupakan rekanan pembuat prosesor AMD menamakan teknologi tersebut sebagai N5, yang juga sudah dirumorkan hadir beberapa waktu lalu.

Wccftech (7/5/2019) melaporkan, dengan menggunakan teknologi fabrikasi tersebut diharapkan peningkatan 80 persen dalam kepadatan transistor, 15 persen dalam kinerja keseluruhan, dan pengurangan 45 persen dalam area penampang jika dibandingkan dengan Zen 2.

Saat ini, diketahui N5 telah memasuki produksi untuk kuartal pertama ini. Sementara itu, untuk melakukan pengetesan, mereka akan melakukannya pada 2020 mendatang. TSMC menyebut, prosesor ini akan memiliki kepadatan logika 1,8 kali lebih besar dan kenaikan kecepatan 15 persen dan inti ARM A72 dibandingkan dengan prosesor 7nm.

Meskipun begitu, pihak AMD masih belum memberikan konfirmasi terhadap kehadiran Zen 4. Saat ini, mereka masih fokus untuk mempersiapkan kehadiran prosesor Ryzen seri 3000 yang menggunakan arsitektur Zen 2.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: