sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Selasa, 15 Sep 2020 20:50 WIB

3 tips optimalkan brand di Youtube

Penelitian menunjukan bahwa kampanye yang terintegrasi dengan materi iklan secara sesuai dapat menghasilkan peningkatan 67% pada ROI.

3 tips optimalkan brand di Youtube
Source: Pexels

Di era digital saat ini banyak brand yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menarik minat atau berinteraksi lebih intens dengan konsumen. YouTube turut melihat peluang ini dan menjadikan platform-nya sebagai wadah maupun jembatan antara brand dengan konsumen.

Sebagaimana diketahui, brand seringkali memanfaatkan Youtube untuk menjalankan kampanye perusahaan. Penelitian menunjukan bahwa kampanye yang terintegrasi dengan materi iklan secara sesuai dapat menghasilkan peningkatan 67% pada ROI (Return On Invesment). Oleh karena itu, Youtube mengungkapkan tips bagi brand agar dapat memanfaatkan platform-nya dengan optimal. 

  • Memanfaatkan populasi digital yang terus berkembang

Di tengah pandemi, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu online serta mencari informasi melalui platform digital. Oleh karena itu, brand perlu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang kini beralih ke medium daring. 

  • Sesuaikan dengan minat audiens

Brand perlu membuat iklan yang relevan dengan apa yang sedang diminati oleh audiens. Catatan Youtube menunjukkan, terdapat peningkatan lebih dari 67% bagi iklan yang diatur secara personalized dibanding iklan yang tidak dipersonalisasi. Gaming, musik, dan film sudah menjadi kesukaan bagi pengguna YouTube diberbagai negara. Telkomsel sebagai brand yang memanfaatkan Youube turut berupaya memanfaatkan peluang tersebut dengan bereksperimen menawarkan konten yang relevan terhadap konsumen. 

Telkomsel menggunakan Director Mix YouTube serta membuat 200 materi iklan yang disesuaikan dengan minat individu dengan menargetkan lebih dari 75 audiens yang berbeda. 

  • Ikuti keinginan audiens

Hampir serupa dengan tips sebelumnya, brand perlu memberikan konten yang relevan dengan apa yang sedang ditelusuri oleh pengguna YouTube saat ini. Dengan demikian, brand dianjurkan mempelajari keinginan audiens demi mendapatkan engagement dari konsumen. 

Penelusuran untuk "baking", "kue", dan "cookies" misalnya melonjak 100% di penelusuran YouTube sekitar bulan April (selama PSBB). Hal ini mendorong Frisian Flag membuat 17 video resep yang nikmat dan mudah diikuti. Dengan menggunakan fitur baru di YouTube Search, video resep satu menit Frisian Flag ini dapat menjangkau pengguna yang mencari "kue" dan 6.000 kata kunci relevan lainnya.

Share
×
img
×
tekid
back to top