sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Kamis, 08 Jul 2021 19:20 WIB

TikTok uji fitur Resume, pengguna bisa lamar pekerjaan dari aplikasi

TikTok Resume memungkinkan pengguna untuk dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video.

TikTok uji fitur Resume, pengguna bisa lamar pekerjaan dari aplikasi
Source: Unsplash

TikTok dikabarkan sedang menguji fitur lamaran pekerjaan. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video, ke perusahaan seperti Chipotle, Target, dan Shopify. Fitur yang tengah diuji perusahaan ini akan disebut TikTok Resume.

Ide untuk menghadirkan TikTok Resume berasal dari konten yang muncul secara organik dari interaksi pengguna di platform, seperti #CareerTok. Dilansir The Verge (8/7), sejauh ini setidaknya sudah ada lebih dari 30 perusahaan yang mendaftar agar dapat menerima resume untuk uji coba fitur baru dari TikTok. Uji coba ini akan berlangsung hingga 31 Juli mendatang.

Untuk dapat melamar pekerjaan melalui TikTok, pengguna terlebih dahulu harus membuat resume video. Setelah itu, pengguna harus mengunggahnya ke TikTok dan kemudian mengirim video itu ke perekrut melalui aplikasi. Pada fitur TikTok Resume, terdapat video instruksional yang merekomendasikan para pengguna saat akan melamar untuk tidak menyertakan informasi terkait kontak pribadi, seperti alamat email di dalam video yang akan dibagikan secara publik.

Beberapa daftar pekerjaan yang tersedia saat ini di TikTok Resumes kebanyakan mencari calon pekerja yang memahami pembuatan konten di platform. Misalnya, Alo Yoga akan mempekerjakan manajer sosial media yang diperoleh melalui TikTok Resumes, calon pekerja diminta untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran merek di TikTok. Selain itu, calon pekerja juga diminta untuk mampu menjalin kerja sama dengan influencer.

Sementara perusahaan yang lainnya, mereka menggunakan TikTok Resume untuk mencari host dan produser video yang dapat menjangkau berbagai platform. Ini seperti daftar pekerjaan yang ditawarkan Detroit Pistons di TikTok Resume, mereka mencari produser video atau host yang bisa tampil di berbagai platform. Kemudian, perusahaan seperti Target, Chipotle, Sweetgreen, dan Great Clips juga menggunakan TikTok Resumes untuk mendapatkan pekerja tingkat pemula dan menengah yang akan ditempatkan di toko dan gudang, dengan berbagai pilihan posisi yang ditawarkan perusahaan.

Meski uji coba TikTok Resum bersifat sementara, ini menunjukkan bagaimana TikTok berpikir tentang pelatihan dan pemasangan ekosistem bagi pembuat konten profesional untuk memajukan pengaruhnya. TikTok Resume akan menjadi cara mudah untuk mencocokkan perusahaan yang ingin memberi pekerjaan penuh waktu bagi remaja yang mahir membuat konten dan memiliki pengaruh.

Uji coba TikTok Resume akan mulai berjalan dari 7 hingga 31 Juli. Dan bagi calon pekerja yang memiliki resume panjang, TikTok telah menyertakan fitur video yang dapat memiliki durasi hingga tiga menit.

Share
×
img
×
tekid
back to top