sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 31 Agst 2021 10:31 WIB

Review vivo V21 5G, performa oke kamera kece

Vivo Indonesia meluncurkan vivo V21 5G sebagai V-series terbaru tahun ini. Mengandalkan spesifikasi kamera sebagaimana khasnya, vivo V21 dilengkapi kamera depan 44MP.

Review vivo V21 5G, performa oke kamera kece

Vivo Indonesia meluncurkan vivo V21 5G sebagai V-series terbaru tahun ini. Mengandalkan spesifikasi kamera sebagaimana khasnya, vivo V21 dilengkapi kamera depan 44MP. Ada pula fitur pendukung videografi seperti Electronic Image Stabilizer (EIS) untuk meredam guncangan saat pengguna melakukan vlogging

Dukungan tersebut cukup menarik mengingat biasanya fitur EIS melengkapi kamera belakang smartphone. Simak ulasan ini selengkapnya untuk mengetahui spesifikasi menarik lainnya dari vivo V21.

Desain cantik

Bukan vivo namanya jika tak meninggalkan kesan “cantik” pada smartphone-nya. Begitu pula kesan yang Saya dapatkan ketika memandang tampilan vivo V21 5G. Tentu saja kesan cantik itu terlihat dari case belakangnya yang menampilkan efek kilau, meskipun vivo merancangnya dengan finishing doff. Efek kilauan itu akan tampak ketika case vivo V21 5G diterpa cahaya. 

Meski terbilang cantik, smartphone ini tak lantas hanya cocok untuk pengguna wanita. Sebab, tampilannya tampak elegan sehingga cocok pula digunakan untuk pengguna pria. Terlebih penggunaan warna biru tua pada smartphone ini membuatnya cocok digunakan siapa pun. Vivo sendiri menyebut warna ini Dusk Blue. 

Yang tak kalah menarik adalah housing kameranya yang tampak minimalis. Vivo V21 5G menggunakan housing persegi panjang dengan sudut tumpul, dihiasi dengan penopang berwarna silver, sehingga tampak menawan. Konsep ini juga pernah digunakan pada seri V sebelumnya, hanya saja penopang housing kameranya menjadi lebih lebar. 

Tampilan depannya sendiri dihiasi dengan layar AMOLED 6,44 inci dengan bezel yang terbilang cukup, alias tidak begitu tebal maupun tipis. Vivo V21 5G masih menggunakan konsep notch untuk menempatkan kamera depannya. Notch-nya pun masih mengusung sudut tumpul sehingga cukup terlihat saat menatap layar.

Penempatan tombolnya sendiri dibuat sejajar di sisi kanan ponsel, baik untuk tombol power maupun tombol volume. Bagian bawah ponsel dilengkapi dengan speaker, port USB tipe-C untuk mengisi ulang baterai, mikrofon, serta slot kartu SIM. Sementara bagian atasnya hanya dilengkapi dengan mikrofon sekunder. Tak ada jack 3.5mm, sehingga Sahabat Tek harus menggunakan konektor untuk menghubungkan headphone

Secara umum saya suka dengan desain vivo V21 5G, namun notch-nya cukup mengganggu. 

Performa asyik

Sebagaimana namanya, vivo V21 5G hadir dengan dukungan jaringan 5G. Hal ini tak terlepas dari peran chipset yang melengkapi smartphone tersebut. Vivo menggunakan MediaTek Dimensity 800U 5G untuk menyokong performa vivo V21 5G. Berkat dukungan ini, vivo V21 5G mampu menawarkan performa yang andal baik untuk menjalankan berbagai aplikasi penunjang aktivitas sehari-hari, hingga tugas yang berat seperti bermain game

Tak hanya dari sisi chipset, RAM dan penyimpanan internal smartphone ini juga berperan dalam memberikan performa andal. Vivo V21 5G dibekali RAM 8GB dengan memori 128GB. Menariknya, RAM-nya tersebut dapat di-extend hingga 11GB dengan menggunakan memori internal, sehingga performanya bisa ditingkatkan lebih optimal untuk menunjang tugas berat. 

Fitur pendukung performa lainnya yaitu baterai berkapasitas 4000 mAh. Tak ketinggalan, vivo juga menyertakan teknologi fast charging 33W. Perusahaan mengklaim, kapasitas ini dapat mengakomodir aktivitas pengguna seharian. Klaim tersebut memang cukup bisa dipercaya, khususnya untuk aktivitas reguler seperti berkomunikasi menggunakan aplikasi chatting, berselancar di internet atau media sosial lainnya. Sementara untuk bermain game, kapasitas ini tentu tak akan mampu bertahan seharian. Terutama jika Sahabat Tek bermain gim non-stop. 

Pengalaman saya memainkan gim PUBG selama 30 menit, baterainya habis sekitar 8%. Sebagai informasi, saya memainkan gim ini pada pengaturan grafis tertinggi yang didukung vivo V21 5G yaitu HD - High. Meski terbilang cukup mudah terkuras, Sahabat Tek bisa melakukan isi ulang baterai dengan cepat. Baterai vivo V21 5G bisa terisi dayanya 50% hanya dalam 30 menit isi ulang. Sementara itu, pengisian daya baterai dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 80 menit atau sekitar 1,5 jam menggunakan charger bawaannya. 

Bermain gim pada smartphone ini cukup mengasyikkan. Semua fitur pada gim PUGB maupun Mobile Legends dapat dijalankan dengan baik. Pengalaman saya memainkan kedua gim ini juga cukup nyaman tanpa adanya gejala lag sama sekali. Secara khusus saat memainkan gim PUBG, fitur gyro-nya dapat dijalankan dengan baik dan lacar, sehingga memudahkan saya memonitor area permainan. 

Grafisnya juga stabil tanpa ada penurunan frame rate yang cukup mengganggu tampilan. Suhunya pun stabil tanpa terasa peningkatan berarti, sehingga membuat saya nyaman berlama-lama memainkan gim pada vivo V21 5G. Terlebih, desainnya nyaman untuk bermain gim karena ukurannya yang proporsional. 

Secara umum, performa yang ditawarkan vivo V21 5G terbilang andal untuk mengakomodir aktivitas saya sehari-hari. Tak lupa dukungan refresh rate 90Hz yang hadir pada smartphone ini membuat navigasi menu menjadi lancar, sehingga menjalankan berbagai aplikasi terasa nyaman. 

Kamera mumpuni

Vivo V21 5G hadir dengan tiga kamera belakang, mencakup kamera utama 64MP, 8MP wide-angle dan kamera makro 2MP. Meski hanya membawa tiga kamera, smartphone ini mampu menangkap berbagai momen dengan baik. Sejumlah fitur pendukung juga melengkapi smartphone ini seperti OIS, Dual-view Video, hingga filter malam. 

Saya cukup kagum dengan hasil kamera vivo V21 5G meski hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Sebab, kamera smartphone ini mampu mengakomodir objek gambar dengan baik bahkan meskipun menggunakan mode default. Mode default-nya menggunakan kamera utama dengan sensor yang lebih besar. Sahabat Tek bisa melakukan zoom hingga 2x dengan kamera utama smartphone ini. Tak hanya itu, Sahabat Tek juga bisa memilih lensa yang diinginkan saat memotret objek, misalnya lensa kamera Super wide-angle, Bokeh atau Super Macro. Opsi ini tersedia di layar kamera dengan ikon dan keterangan Lens. 

Detail gambar dapat ditangkap dengan baik saat siang maupun malam hari. Seperti pada foto tanaman di bawah ini, dimana detail serat daun dapat diakomodir dengan baik dan jelas. Ini juga berlaku untuk daun yang bukan menjadi objek utama, dimana seratnya bisa dilihat dengan baik dan dengan kualitas yang cukup tajam. 

 

Review vivo V21 5G

Review vivo V21 5G

 

Begitu pula dengan foto bunga kamboja dimana serat bunga dapat ditangkap dan terlihat cukup jelas saat foto diperbesar. Meski hasilnya diperbesar (zoom) di galeri, tak ada noise gambar yang terlihat. 

 

Review vivo V21 5G

Kamera ini juga dapat menghasilkan efek bokeh meski Sahabat Tek menggunakan kamera utama, bukan kamera makro yang memang ditujukan untuk menghasilkan efek tersebut. Efek bokehnya pun tampak rapi, sehingga objek utama bisa terlihat dengan jelas. 

Review vivo V21 5G

Sementara itu kamera makro vivo V21 5G mengharuskan smartphone diposisikan dekat dengan objek. Efek bokeh yang dihasilkan smartphone ini terbilang cukup baik. Sahabat Tek bisa melihat contohnya pada foto di bawah ini, dimana efek bokehnya tampak natural dan tak begitu berlebihan atau terkesan artifisial. Objek utama juga tampak jelas, dengan detail yang baik. Hal ini terlihat dari rambut karakter Smurf yang tampak jelas. Meski sebagian rambutnya tertimpa efek bokeh, perbedaannya masih terlihat smooth. 

Review vivo V21 5G

Hasil yang sama juga dapat dilihat pada foto ini, dimana suasana mall yang ramai dengan beberapa ornamen dibuat bokeh. Efek terlihat bokehnya begitu halus sehingga objek utama gambar dapat terlihat dengan jelas dan detail. 

Review vivo V21 5G

Namun patut Sahabat Tek perhatikan, efek bokeh akan tampak rapi jika diaplikasikan pada objek yang kondusif. Sebab, objek yang terlalu ramai atau banyak, akan menghasilkan efek bokeh yang kurang rapi. 

Vivo V21 5G juga melengkapi kameranya dengan fitur HDR yang akan membantu mengakomodir pencahayaan gambar menjadi lebih dinamis. Fitur ini dapat diterapkan pada objek gambar yang membelakangi cahaya. Fitur ini dapat Sahabat Tek aktifkan secara manual saat dibutuhkan. Perbandingan hasil gambar dengan fitur HDR atau tidak, sama bagusnya. Yang membedakan adalah pencahayaannya dimana hasil gambar dengan fitur HDR tampak lebih terang. Detail gambarnya sendiri tampak cukup tajam.

Review vivo V21 5G

 

Review vivo V21 5G

Tak hanya siang hari, Sahabat Tek juga akan mendapati hasil foto yang menawan saat malam hari. Untuk memaksimalkan hasil fotonya, vivo turut menghadirkan mode Night pada kamera vivo V21 5G. Hasilnya, terdapat sedikit perbedaan pada foto dengan mode Night dibanding foto mode default khususnya dari sisi eksposur. Hasil foto dengan mode Night lebih dipoles namun tidak begitu berlebihan sehingga masih nyaman dilihat. Sementara hasil foto kamera default-nya tampak lebih terang. 

Sayangnya, secara umum penentuan fokus pada kamera vivo V21 5G terasa kurang cepat sehingga saya kesulitan memotret objek bergerak, seperti daun yang diterpa angin. 

Review vivo V21 5G

Review vivo V21 5G

 

Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 44MP. vivo juga melengkapi kamera depan ini dengan sejumlah fitur pendukung seperti Stable Selfie Video, AI, hingga Head Slimming saat pengguna melakukan wefie. Ini memungkinkan pengguna tampil tetap kece saat melakukan wefie, tanpa terlihat terlalu besar karena berada di posisi paling dekat dengan kamera.

Selfie menggunakan kamera vivo V21 5G menghasilkan gambar yang mulus. Terlebih saat pencahayaan yang cukup, akan menghasilkan foto selfie yang menarik. Detail wajah dapat ditampilkan dengan baik dan tajam, begitu pula dengan detail lainnya, seperti pakaian yang saya kenakan. Warna objek juga dapat ditangkap dengan baik, tanpa polesan yang signifikan. Secara umum, saya suka dengan hasil selfie vivo V21 5G. 

Review vivo v21  5G

Foto selfie pada malam hari juga tampak menarik, meskipun tanpa memberikan tambahan. Beragam efek memang tersedia pada smartphone ini, untuk membantu Sahabat Tek mengabadikan foto selfie saat malam hari. Misalnya fitur Spotlight, dimana vivo menambahkan lampu flash di depan ponsel, sehingga menambah cahaya pada wajah. Namun demikian, foto selfie tanpa fitur ini juga sudah mumpuni untuk mengabadikan gambar.

Review vivo V21 5G

Tak hanya foto, video vivo V21 5G juga cukup menarik karena dibekali dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu meminimalisir efek guncangan selama proses perekaman. Hasilnya, efek guncangan memang dapat diminimalisir, namun kurang signifikan dibanding hasil tanpa OIS. Sebab, pergerakannya masih terlihat belum begitu mulus.  

Kesimpulan

Vivo V21 5G sukses meyakinkan saya sebagaimana klaim perusahaan. Performanya yang andal termasuk saat menjalankan aktivitas berat seperti bermain gim, membuat stereotipe vivo sebagai smartphone perempuan tak lagi dapat digemakan. Berbagai fitur pendukung performa smartphone juga dapat dijalankan dengan sangat baik sehingga membuat saya puas menggunakan smartphone ini.

Terlebih, desainnya yang ramping membuat vivo V21 5G nyaman digenggam dan desainnya trendy. Begitu pula dengan hasil kameranya yang mumpuni dalam berbagai kondisi, meskipun penentuan fokusnya terasa kurang cepat. Beberapa kekurangan yang cukup mengusik kenyamanan saya yaitu desain kamera depan yang masih tampak cukup besar. Baterainya cukup besar, namun akan lebih nyaman jika kapasitasnya lebih besar lagi, terutama karena smartphone ini mendukung aktivitas gaming. 

Vivo V21 5G sudah tersedia di Indonesia. Sebagaimana namanya, smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G. Berbagai asesoris juga tersedia secara lengkap, mencakup softcase, earphone, adaptor charger, hingga konektor USB. Harga vivo V21 5G dibanderol Rp5.799.000. 

80
Vivo V21 5G
 
Keunggulan
  • Kamera bagus
  • Performa oke
  • Desain kece
 
Kekurangan
  • Autofokus agak lama
  • Notch besar
  •  
Share
×
tekid
back to top