sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Kamis, 09 Des 2021 12:45 WIB

Tanpa poni, Apple iPhone 14 Pro akan gunakan OLED punch-hole

Berdasarkan pada pemasok layar, model seri iPhone 14 mendatang bakal hadir dengan layar OLED bersama punch-hole ketimbang notch.

Tanpa poni, Apple iPhone 14 Pro akan gunakan OLED punch-hole
Ilustrasi: iPhone 13

Beberapa tahun yang lalu, dengan peluncuran iPhone X pada tahun 2017, Apple menambahkan notch di bagian atas layar dan terus berlanjut sejauh ini, dengan model iPhone 13 yang baru saja diluncurkan juga menampilkan notch. Namun perusahaan itu sekarang diperkirakan akan mengubahnya pada ponsel yang akan datang.

Jika laporan baru yang datang dari The Elec dapat dipercaya, yang didasarkan pada pemasok layar, maka model seri iPhone 14 mendatang bakal hadir dengan layar OLED bersama punch-hole ketimbang notch. Laporan ini mengklaim bahwa Samsung telah mulai menerima mesin dari Philoptics dan Wonik IPS untuk lubang pemotongan laser di panel OLED.

Dilansir dari Gizmochina (9/12), Apple telah memutuskan untuk menghilangkan notch pada model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max karena perusahaan yakin dengan kemampuan serta keahlian Samsung dalam membuat punch-hole untuk layar, yang telah dilakukan perusahaan selama bertahun-tahun dengan memperkenalkan seri Galaxy S10.

Jika laporan itu benar, iPhone 14 Pro Max yang menampilkan layar 6,7 inci dengan punch-hole bisa menjadi ponsel besutan Apple dengan rasio layar-ke-bodi terbaik yang pernah dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Model Apple iPhone 14 Pro yang akan datang akan menggunakan metode HIAA (Hole-in-Active-Area) dari Samsung yang dikatakan sebagai teknologi hole-punching OLED tercanggih sejauh ini. HIAA menggunakan pengeboran laser antara deposisi OLED dan thin-film encapsulation (TFE) yang lebih menantang untuk dilakukan dengan layar OLED fleksibel Samsung yang menggunakan plastik daripada substrat kaca.

Sejauh ini, Apple bergantung pada Samsung Display untuk panel OLED LTPO tetapi LG juga dilaporkan mengerjakan hal yang sama. Namun LG belum melakukan uji coba yang menentukan apakah produksinya memenuhi kualitas dan biaya yang dibutuhkan.

Share
×
tekid
back to top