sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Minggu, 18 Sep 2022 08:03 WIB

Tiru Apple, Samsung juga akan bawa konektivitas satelit

Saat ini, terdapat dua perusahaan yang menghadirkan fitur konektivitas satelit, yaitu Huawei dan Apple. Namun, diperkirakan bahwa Samsung akan menyusul.

Tiru Apple, Samsung juga akan bawa konektivitas satelit

Belum lama ini seri iPhone 14 diluncurkan dengan salah satu fitur barunya yang disebut konektivitas satelit. Dengan bantuan fitur ini, pengguna iPhone dapat membuat koneksi dengan satelit dan melakukan panggilan darurat saat tidak ada jangkauan sinyal seluler.

Huawei memperkenalkan fitur serupa dengan seri Mate 50 mereka. Dan tampaknya Samsung juga akan membawa konektivitas satelit ke perangkat Galaxy mendatang. Belum jelas apakah fitur darurat ini akan tersedia di ponsel Galaxy S23.

Seperti yang disebutkan, Apple memperkenalkan fitur konektivitas satelit dengan seri iPhone 14. Menariknya, fitur ini baru akan tersedia pada bulan November dan hanya akan berfungsi di AS dan Kanada untuk saat ini. Namun, rumor tersebar luas bahwa Apple berencana untuk membawa fitur tersebut ke negara lain paling cepat akhir tahun ini.

Perlu dicatat bahwa Huawei memperkenalkan fitur ini terlebih dahulu dengan seri Mate 50-nya, sebelum Apple. Perusahaan asal Tiongkok tersebut menyatakan bahwa ponsel Mate 50 dan Mate 50 Pro akan memungkinkan pengguna mengirim SMS melalui jaringan satelit Beidou global Tiongkok, memungkinkan komunikasi di area tanpa konektivitas.

Untuk Apple, perusahaan ini menggunakan jaringan Globalstar untuk fitur Emergency SOS di iPhone 14 dan iPhone mendatang. Dilansir dari Gizmochina (17/9), belum ada informasi lebih lanjut layanan mana yang akan digunakan Samsung, tetapi mungkin bukan Globalstar karena Apple sudah 85% dari kapasitas jaringannya saat ini dan di masa mendatang.

Perlu diketahui bahwa fitur konektivitas satelit baru sekadar rumor dan Samsung belum secara resmi mengkonfirmasi detail apa pun hingga sekarang. Diharapkan terdapat berita lebih lanjut mengenai kabar itu dalam beberapa hari mendatang.

Share
×
tekid
back to top