sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 08 Sep 2022 02:22 WIB

Resmi meluncur, ini Harga dan spesifikasi lengkap iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ditenagai chipset A15 Bionic yang ditingkatkan serta kehadiran fitur yang selama ini dirumorkan, yaitu koneksi satelit.

Resmi meluncur, ini Harga dan spesifikasi lengkap iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Apple Far Out baru saja digelar, meluncurkan beberapa produk baru, termasuk seri iPhone 14. Sebagaimana rumor yang beredar, seri ini menghapus model mini, dan terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Terlepas dari model Pro, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus ditenagai chipset A15 Bionic yang ditingkatkan serta kehadiran fitur yang selama ini dirumorkan, yaitu koneksi satelit. Lebih lanjut, berikut spesifikasi lengkap iPhone 14.

Layar

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus hadir dengan layar OLED masing-masing berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci, sama seperti pendahulunya. Keduanya dibekali layar Super Retina XDR, Dolby Vision, Ceramic Shield sebagai pelindung layar, serta kecerahan puncak mencapai 1200 nits.

Prosesor

Dapur pacu iPhone 14 ditenagai oleh chipset Apple A15 Bionic. Meski sama dengan jajaran iPhone 13, namun perusahaan mengklaim peningkatan performa dengan 5 core GPU yang 18% lebih baik dari pendahulunya. Sementara itu, chipset juga dilengkapi 6 core CPU, 16 neural engine, serta custom Image Signal Processor (ISP). 

Kamera

Bicara soal custom ISP, iPhone 14 hadir dengan peningkatan kemampuan fotografi low-light. Kamera utama 12MP mengusung sensor yang lebih besar dengan 1,9 mikron pixel dan aperture f/1.5. Ini memberikan kemampuan foto low-light 49% lebih baik dari pendahulunya.

Sementara di bagian depan, terdapat TrueDepth Camera beresolusi 12MP (f/1.9) yang diklaim menerima peningkatan 38% dalam mengambil gambar maupun video minim cahaya. Untuk pertama kalinya, Apple juga menambahkan fitur Autofocus pada kamera depan di  iPhone 14. Fitur ini dapat membuat fokus secara otomatis membidik objek sehingga tampak lebih jelas dan detail.

Selain itu, kamera iPhone 14 juga mengenalkan teknologi Deep Fusion dan Photonic Camera. Deep Fusion berguna untuk membuat detail serta warna tampak lebih jelas. Ini menggabungkan beberapa frame dan mengaplikasikannya lebih awal dalam proses uncompressed image dan rendering warna yang lebih banyak. 

Untuk video, ponsel dibekali fitur Action Mode yang memungkinkan hasil video stabil dan mulus, tanpa harus menggunakan gimbal atau alat stabilisasi lainnya. Tidak lupa, dukungan Dolby Vision HDR selama merekam menggunakan iPhone 14.

Koneksi satelit

Rumor terkait dukungan koneksi satelit sudah beredar sejak iPhone 13 belum diluncurkan. Namun, akhirnya dukungan ini dirilis bersamaan dengan iPhone 14, yang disebut Emergency SOS via Satelite.

Dukungan ini membantu pengguna ketika dalam keadaan darurat, di tempat yang tidak terjangkau sinyal seluler. Pengguna dapat memanggil bantuan dengan mengarahkan ponsel ke arah tertentu hingga terhubung koneksi satelit tersebut. Bandwidth yang terbatas, memungkinkan koneksi satelit ini hanya bisa mengirim dan menerima informasi penting untuk segera mendapatkan bantuan.

Terkait koneksi lainnya, iPhone 14 mendukung jaringan 5G. Ponsel sudah dibekali e-SIM, di mana perangkat tidak membutuhkan kartu SIM fisik lagi. Apple bahkan sudah menghilangkan SIM tray untuk seluruh perangkat iPhone 14 yang diluncurkan di AS.

Harga dan ketersediaan

iPhone 14 hadir dalam 5 varian warna, yaitu Hitam, Putih, Biru, Ungu, dan Merah. Pemesanan awal akan dimulai 9 September, dan perangkat akan mulai tersedia pada 16 September untuk iPhone 14 dan 7 Oktober untuk iPhone 14 Plus. Berikut rincian harga kedua ponsel:

  • iPhone 14 : USD799 atau sekitar Rp11,8 jutaan
  • iPhone 14 Plus : USD899 atau sekitar Rp13,3 jutaan
Share
×
tekid
back to top