sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 30 Agst 2019 08:29 WIB

Garmin tawarkan smartwatch GPS dengan panel surya

Terdapat juga fitur PacePro yang akan melatih pengguna secara real-time sehingga dapat mempercepat atau memperlambat selama berolahraga.

Garmin tawarkan smartwatch GPS dengan panel surya
Source: Garmin via Engadget

Setelah sebelumnya mengumumkan smartwatch Instinct Tactical Edition, kini Garmin secara resmi meluncurkan smartwatch GPS dengan seri Fenix 6. Perusahaan ini juga memberi banyak pilihan kepada penggemarnya dengan menawarkan varian dalam gaya yang lebih menarik perhatian dan premium.

Dilansir dari Engadget (29/8), smartwatch baru tersebut hadir dalam varian dengan seri Fenix 6, 6S dan 6X dibekali dengan kaca safir. Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga telah menambahkan fitur manajemen daya dan pelatihan baru ke seri Fenix 6.

Pembaruan yang benar-benar menonjol adalah pengisian baterai tenaga surya. Tetapi fitur ini hanya tersedia di Fenix 6X Pro Solar dan menggunakan teknologi bernama Power Glass (lensa pengisian daya surya transparan yang berada di atas permukaan smartwatch). Teknologi ini dapat mengubah sinar matahari menjadi energi untuk memperpanjang daya tahan baterai hingga tiga hari. Tanpa pengisian daya surya diaktifkan, 6X Pro Solar masih mampu bertahan hingga 21 hari.

Bahkan tanpa Power Glass, smartwatch Fenix 6 dikatakan masih bisa mendapatkan tenaga lebih panjang melalui fitur bernama Power Manager. Ini dapat menampilkan tingkat baterai perangkat dalam hitungan hari dan jam, bukan hanya persentase sehingga pengguna dapat lebih memahami sisa daya tahannya. Tetapi perlu diingat bahwa estimasi angka pada smartwatch bisa berubah ketika mengaktifkan GPS dan sensor detak jantung. Fenix 6 akan bertahan lebih lama dengan mengaktifkan mode hemat baterai yang menonaktifkan sensor tertentu.

Terdapat juga fitur PacePro yang akan melatih pengguna secara real-time sehingga dapat mempercepat atau memperlambat selama berolahraga. Saat pengguna berlari, Fenix 6 akan menunjukkan kecepatan split target, kecepatan split aktual, jarak ke split selanjutnya dan berapa banyak waktu yang tersisa. Garmin juga menambahkan peta dari resor ski di seluruh dunia yang dapat diunduh ke smartwatch secara gratis. Peta yang ada untuk lapangan golf juga akan ditingkatkan menjadi berwarna.

Ketiga model baru akan memiliki sensor oksigen Pulse Ox. Harga untuk seri Fenix 6 dimulai dari USD599 (Rp8,5 juta). Sedangkan Fenix 6X Pro Solar dibanderol dengan harga USD999 (Rp14,2 juta). Sebagai catatan, Garmin bukanlah satu-satunya pabrikan yang menyajikan smartwatch GPS dengan sistem isi daya baterai menggunakan tenaga surya. Pada 2018, Casio mengenalkan smartwatch G-Shock Rangeman B-1000 dengan kelengkapan GPS dan teknologi isi ulang tenaga surya.

Share
×
tekid
back to top