sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 08 Sep 2022 11:32 WIB

Pasar smart wearable global alami kenaikan, sempat turun di kuartal sebelumnya

Berdasarkan laporan Canalys, total pengiriman perangkat smart wearable untuk pasar global di Q2 2022 mencapai 41,7 juta unit.

Pasar smart wearable global alami kenaikan, sempat turun di kuartal sebelumnya

Penjualan sejumlah perangkat pintar mulai beranjak mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir. Laporan dari lembaga riset Canalys menyebut, pasar global smart wearable juga mengalami peningkatan di kuartal kedua 2022. 

Canalys mencatat, pasar global smart wearable mengalami peningkatan pengiriman 2 persen dibandingkan periode sebelumnya. Total pengiriman perangkat wearable yang terdiri dari smartwatch, basic watch, basic band serta smartband ini mencapai 41,7 juta unit. 

Dilansir dari GSMArena (8/9), penjualan basic watch mencatat peningkatan besar hingga 46,6 persen dalam pengiriman di kuartal kedua. Sementara smartwatch memperoleh persentase peningkatan pengiriman sebanyak 9,3 persen. 

Sayangnya, pada periode ini, perangkat smartband justru mengalami penurunan permintaan pengiriman. Penjualan untuk perangkat ini tercatat mengalami penurunan hingga 35,5 persen di pasar global. 

Apple memimpin penjualan terbesar untuk perangkat wearable pada kuartal kedua tahun 2022 ini. Perusahaan asal Cupertino itu ditaksir telah mengirimkan 8,4 juta jam tangan pintar miliknya untuk pengguna di seluruh dunia. Dengan kata lain, Apple mengambil bagian hingga 26,4 persen dari pasar global smart wearable

Di urutan berikutnya, Samsung berhasil mengirimkan 2,8 juta unit perangkat wearable besutan mereka. Sementara itu, perusahaan yang berbasis di Tiongkok, Huawei, tercatat telah melakukan pengiriman perangkat wearable sebanyak 2,6 juta kali. 

Sebagai informasi, dalam laporan Canalys kali ini, produsen perangkat wearable asal India, Noise, mengalami kenaikan yang signifikan hingga 382 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Dengan kenaikan tersebut, India saat ini menjadi pangsa pasar tertinggi untuk smart wearable sebesar 15 persen. 
 

Share
×
tekid
back to top