Apple Watch generasi keempat punya banyak fitur kesehatan baru

Dalam pembaruan kali ini, Apple membenamkan prosesor S4 terbaru dan juga pembaca Electrocardiogram (ECG) secara langsung.

Apple Watch generasi keempat punya banyak fitur kesehatan baru

Apple kembali memperkenalkan salah satu wearable terlaris milik mereka, yakni Apple Watch. Masih menggunakan desain yang sama dari generasi pertama, Apple menjanjikan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

COO Apple, Jeff WIlliams menyebut jika mereka telah menyematkan berbagai kemampuan baru di dalam Apple Watch terbaru mereka. Salah satunya adalah 3 fitur Hearth baru. Kemampuan pertama adalah Low Heart Rate yang memungkinkan Apple Watch dapat memantau penurunan detak jantung pengguna. 

Lalu, ada fitur baru bernama Heart Rhythm, yang akan memberitahu pengguna jika detak jantung mereka mengalami keanehan. Semua ini bisa dilakukan menggunakan sensor optik yang sudah ada dari generasi pertama.

Yang membuat perangkat ini lebih menarik adalah disematkannya teknologi Electrical Heart Reader. Dengan teknologi ini, Apple dapat melakukan pembacaan Electrocardiogram (ECG) langsung dari perangkat Apple Watch.

Apple Watch generasi keempat bisa memiliki fitur tersebut berkat dukungan chipset terbaru yakni S4. Meski kecil, namun prosesor 64-bit dual-core ini diklaim memiliki tenaga dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, dan tentunya lebih hemat daya.

Tak ketinggalan, dengan menggunakan accelerometer dan gyrometer terbaru, Apple Watch juga bisa mendeteksi saat seseorang terjatuh. Jika mendeteksi gerakan terjatuh, secara otomatis di layar akan muncul notifikasi untuk memanggil bantuan.

Namun, jika sang pengguna tidak bergerak selama 1 menit, Apple Watch yang terhubung dengan perangkat iPhone akan secara otomatis memanggil kontak darurat serta mengirimkan lokasi terkini untuk memudahkan proses bantuan.

Di sisi daya, perusahaan teknologi asal Amerika ini pun menyebut jika jam ini akan dapat bertahan hingga 18 jam dengan pemakaian penuh. Tentu saja, hal ini akan menjadi nilai plus untuk menarik perhatian pengguna perangkat Apple Watch lawas.

Soal harga, perangkat yang hadir dalam ukuran 40mm dan 44mm ini dihargai mulai dari USD399 atau Rp5,9 juta untuk versi GPS dan mulai dari USD499 atau Rp7,4 juta untuk versi seluler.

Semua perangkat Apple Watch sudah dapat dipesan mulai 14 September dan akan dikirimkan pada 21 September.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: