Apple tak lagi sediakan adaptor Lightning ke jack audio

Para pengguna dipasksa untuk membeli adaptor terpisah yang dihargai Rp133 ribu atau mereka bisa menggunakan headset nirkabel yang sudah mereka miliki

Apple tak lagi sediakan adaptor Lightning ke jack audio Adaptor Ligthning ke 3,5mm (Ubergizmo)

Apple baru saja merilis tiga iPhone generasi selanjutnya, yakni iPhone XS dan XS Max serta iPhone XR. Seperti generasi sebelumnya, ketiga perangkat ini tidak menghadirkan dukungan jack audio 3,5mm lagi.

Meski begitu, selama ini Apple menyediakan adapter Lightning ke jack audio 3,5mm. Tapi, bagi Anda yang bersiap untuk membeli ketiga perangkat tersebut, Anda harus siap merasa kecewa.

Laporan terbaru Ubergizmo menyebutkan perusahaan teknologi raksasa asal Amerika tersebut mulai saat ini tidak akan memberikan adapter Lightning ke jack audio 3,5mm. Tentu saja, hal ini merupakan sebuah keputusan yang cukup membuat bingung calon penggunanya.

Eits! Jika Anda berpikir hal ini akan terjadi hanya terjadi di ketiga perangkat itu saja, Anda salah. Hal ini dikarenakan Apple juga akan menghilangkan adapter tersebut mulai dari perangkat iPhone 8 produksi terbaru.

Sebagai gantinya, para pengguna diharuskan membeli adapter tersebut secara terpisah. Mereka diharuskan membayar USD9 atau Rp133 ribu untuk sebuah adapter. Meski bisa dibilang cukup murah, tapi tetap saja calon pengguna harus mengeluarkan dana ekstra.

Meski begitu, para pengguna pun masih memiliki pilihan lain. Jika mereka memiliki AirPods atau headset bluetooth lain, perangkat tersebut tetap bisa digunakan. Namun, hal ini tidak mengubah pandangan beberapa pihak jika Apple saat ini seperti semakin "pelit" kepada penggunanya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: