Waymo tidak memerlukan setir di mobil otonom mereka

Waymo bukan satu-satunya perusahaan yang mendorong perubahan aturan. Pada tahun 2018, General Motors menerbitkan foto interior mobil tanpa setir atau pedal.

Waymo tidak memerlukan setir di mobil otonom mereka Source: Pexels

Perusahaan pengembang teknologi mobil otonom, Waymo, menginginkan mobil otonom tanpa setir. Mereka juga kabarnya ingin meminta Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) untuk segera menghapus persyaratan tanpa setir kemudi.

Waymo saat ini harus memenuhi 75 persyaratan keselamatan untuk mobil otonom, tetapi banyak dari peraturan tersebut ditulis dengan asumsi bahwa seorang pengemudi manusia masih akan berada di balik setir. Seiring perkembangan teknologi, regulasi harus berkembang bersama teknologi. Waymo ingin mempercepat proses itu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Honda CR-V hibrida mendatang bisa mode listrik sepenuhnya

Toyota Prius akhirnya dukung Apple CarPlay

Bulan depan Mazda akan pamerkan mobil listrik pertamanya


Waymo sudah lama ingin menghilangkan kontrol manual pada mobil otonom. Meski saat ini menggunakan mobil Chrysler Pacifica Hybrid dan Jaguar I-Pace, yang mempertahankan setir serta pedal yang dipasang dari pabrik, Waymo sebelumnya menggunakan mobil listrik yang dibuat khusus dengan sebutan Firefly. Ketika kendaraan ini meluncur, perusahaan mengatakan ia mampu beroperasi tanpa kontrol manual, tetapi setir dan pedal tetap ditambahkan untuk memenuhi peraturan.

NHTSA tidak berencana untuk menulis aturan baru tentang posisi tempat duduk, yang akan melibatkan perubahan standar kelaikan, hingga Maret 2020. Komentar yang diajukan oleh para pabrikan mobil mengindikasikan bahwa setidaknya NHTSA akan mengubah peraturannya pada tahun 2025 mengenai mobil otonom.

Waymo bukan satu-satunya perusahaan yang mendorong perubahan aturan. Pada tahun 2018, General Motors menerbitkan foto interior mobil tanpa setir atau pedal, ini menunjukkan tujuan dari program mobil otonomnya. Sebelumnya pada Januari 2017, GM meminta pengecualian dari NHTSA untuk menguji mobil tanpa setir.

Menyingkirkan setir dan pedal akan memberi lebih banyak kebebasan bagi para insinyur dan perancang. Banyak mobil konsep baru-baru ini menampilkan interior seperti ruang tamu, dengan kursi yang menghadap ke dalam sehingga memungkinkan penumpang untuk lebih mudah berkomunikasi. Demikian dilansir dari Digital Trends (30/8).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: