Tesla bakal buat mobil listrik terjangkau

Elon Musk mengatakan pihaknya sulit bersaing dengan raksasa mobil dunia sehingga harus menghadirkan harga yang lebih murah lagi

Tesla bakal buat mobil listrik terjangkau

Elon Musk menyebut Tesla akan menghadirkan mobil versi murah. Klaim ini bahkan muncul ketika Musk mengakui hal tersebut sangat sulit dilakukan karena ekonomi dan persaingan sektor otomotif.

Dalam sebuah wawancara dengan YouTuber Marques Brownlee terkait masa depan mobil listrik, Musk menjelaskan Tesla memiliki skala produksi yang kecil sehingga sulit untuk bersaing dengan produsen besar seperti General Motors atau Ford, dimana skala produksi mereka tebilang besar di industri otomotif.

Bos SpaceX itu pun menuturkan bahwa Tesla berencana membuat mobil yang terkangkau. "(Tesla) benar-benar fokus pada pembuatan mobil yang lebih terjangkau, yang sangat sulit. Untuk membuat mobil yang lebih terjangkau, Anda perlu volume dan skala ekonomi tinggi," katanya.

Ketika ditanya apakah Tesla bisa membuat kendaraan yang lebih murah dengan kualitas tinggi, Musk menegaskan jawabannya. "Saya pikir kami bisa mencapai 25.000 mobil, itu sesuatu yang bisa kami lakukan.. Tetapi jika kami bekerja sangat keras, saya pikir mungkin kami bisa melakukannya dalam waktu sekitar tiga tahun," ujarnya sembari menambahkan hal itu bergantung pada waktu dan skalanya.

Menurut Musk, dengan setiap iterasi desain hingga menambahkan lebih banyak hal, dirinya bisa menemukan cara yang lebih baik untuk produksi, sehingga kualitasnya lebih baik namun harganya lebih murah. Model pemasaran bisnis Tesla bahkan dijelaskan Musk hanya mengandalkan kabar dari mulut ke mulut.

Musk sesumbar Tesla hampir tidak mengeluarkan apa pun untuk iklan dan dorongan, melainkan sangat bergantung pada kata-kata dari mulut ke mulut. Contoh dari praktik ini yaitu saat Model 3 diluncurkan dan program trade in Toyota Prius dijalankan.

"Jika Anda menyukainya, Anda akan berbicara dan itu menghasilkan kata-kata dari mulut ke mulut," ujar Musk.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: